Kartini di Pasar Modal, Jumlah dan Nilai Asetnya Makin Membesar

Ilustrasi. (Dokumen BEI)

FAKTA.COM, Jakarta - Perempuan semakin punya peran di pasar modal Indonesia. Fakta ini terlihat dari demografi investor individu yang dirilis Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Maret 2024.

Pada periode ini, dari jumlah investor yang mencapai 12,6 juta, sebanyak 37,8% atau setara 4,8 juta merupakan perempuan. Jumlah ini terus meningkat sejak 2020.

Begitu juga dari sisi nilai asetnya. Investor individu perempuan punya aset C-BEST Rp245,62 triliun dengan aset S-INVEST Rp84,33 triliun.

Menanggapi data itu, Direktur Institutional Markets BNI Sekuritas, Vera Ongyono mengajak para perempuan untuk terus mengobarkan semangat kepemimpinan mereka seiring Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.

"Khususnya turut aktif terlibat di pasar modal Indonesia baik sebagai investor maupun berkarier di industri ini," ujar Vera, Senin (22/4/2024).

Jumlah Investor Pasar Modal Bertambah 307.162 dalam Dua Bulan

Menurut Vera, peran perempuan di pasar modal Indonesia sangat penting. Misalnya sebagai investor, Vera menyebut, perempuan dapat membantu keluarganya untuk mencapai tujuan finansial.

"Sedangkan sebagai profesional dan pemimpin, perempuan dapat memberikan perspektif lain di industri dengan segala karakteristik uniknya," tutur dia.

Cerita Sukses jadi Investor dan Daftar Saham Milik Lo Kheng Hong

Vera pun meyakini, bahwa perempuan memiliki karakteristik unik yang dapat menjadi nilai lebih ketika ingin berkarier sebagai top executives di pasar modal atau bidang manapun.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//