Jumlah Investor Saham Capai 5,7 Juta SID, BEI Ingatkan Soal Pemahaman Investasi

Ilustrasi. (Dokumen BEI)

FAKTA.COM, Jakarta - Jumlah investor di pasar modal mencapai 13 juta single investor identification (SID). Catatan itu bertambah 863.000 dalam kurun waktu 6 bulan berjalan.

Lebih rinci, dari jumlah itu sebanyak 5,7 juta merupakan investor saham. Data tersebut tertuang dalam keterangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (26/6/2024).

Menurut Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, pencapaian itu tidak lepas dari berbagai kegiatan edukasi dan promosi. Baik yang dilakukan BEI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berbagai komunitas hingga pengenalan IDX Mobile.

Saham GOTO: Gocap dan Market Cap Hangus Rp341,09 T, serta Nasib Para Investor

Untuk itu, Jeffrey berharap agar masyarakat luas dan calon investor dapat memahami informasi serta mekanisme perdagangan yang ada sekaligus meningkatkan literasinya akan pasar modal.

"Sehingga saat menjadi investor bisa mengambil keputusan investasi secara rasional. Tentunya hal tersebut didasari dengan data dan informasi akurat serta dapat diandalkan melalui berbagai fasilitas yang BEI sediakan, seperti IDX Mobile dan Website," ujar Jeffrey pada Selasa (25/6/2024).

Jeffrey menerangkan, dari 5,7 juta investor saham, sebagian besar telah memiliki aplikasi online trading. Namun dengan beberapa kompleksitas yang ada di masing-masing aplikasi, para investor diminta untuk menambah informasi dasar melalui IDX Mobile.

Klaim OJK soal Pemantauan Khusus, Harga Saham Wajar hingga Investor Terlindungi

Sebagai informasi, sepanjang Januari-Mei 2024, terdapat 6.211 kegiatan edukasi pasar modal yang diikuti oleh lebih dari 5,8 juta peserta di seluruh Indonesia. Edukasi dan promosi pasar modal juga dilakukan melalui Galeri Investasi BEI yang per 20 Juni 2024 telah berjumlah 904.

Selain itu, BEI juga punya program Duta Pasar Modal yang berjumlah 2.881 orang dan telah mengedukasi melalui 5.460 kegiatan dan melibatkan 2,9 juta peserta.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//