Investor Gen-Z Masih Perlu Edukasi Pasar Modal yang Komprehensif

Direktur Operasional sekaligus Direktur Pembina CSR BNI Sekuritas, Yoga Mulya. (Dokumen BNI Sekuritas)

FAKTA.COM, Jakarta - Jumlah investor di pasar modal terus bertumbuh. Hingga 23 September 2023, jumlahnya mencapai 11,73 juta.

Angka tersebut tumbuh 6,73% dari periode akhir 2022 sebanyak 10,99 juta investor. Dari jumlah itu, investor individu dengan usia di bawah 30 tahun mendominasi dengan persentase 56,89%.

Melihat data itu, Direktur Operasional sekaligus Direktur Pembina CSR BNI Sekuritas, Yoga Mulya mengatakan, Gen-Z telah mendominasi pertumbuhan investor beberapa waktu terakhir. Sehingga, kata Yoga, penting bagi mereka untuk kenal lebih lanjut tentang pasar modal.

"Agar dapat membuka peluang lebih besar dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena kurangnya literasi," ujar Yoga, Senin (30/10/2023).

Dengan begitu, Yoga mengatakan, investor Gen-Z perlu edukasi pasar modal yang lebih komprehensif.

Investor Usia di Bawah 30 Tahun Kuasai Pasar Modal

Yoga juga mengatakan, BNI Sekuritas sebagai pelaku pasar modal senantiasa mendukung arahan dan peraturan dari regulator. Utamanya, yang diatur dalam POJK No.3 Tahun 2023 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan bagi Konsumen dan Masyarakat.

"Inklusi keuangan adalah fondasi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan," kata Yoga.

Dia juga menambahkan, dengan memiliki akses ke produk keuangan seperti rekening bank dan investasi, masyarakat dapat lebih mudah mengelola keuangan dan memanfaatkan peluang yang lebih besar.

Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Perkuat Ekonomi Nasional

Namun, untuk mengoptimalkan inklusivitas dan literasi, maka perlu program yang berkesinambungan dan sesuai dengan kebutuhan. Adapun BNI Sekuritas selalu mengarahkan calon nasabah untuk mengakses produk perbankan dan edukasi dasar keuangan tentang menabung.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//