Dividen Telkom, Jatah Negara dan Tanggal Pembayarannya

Ilustrasi. (Dokumen Bank Indonesia)

FAKTA.COM, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah memastikan penggunaan 72% dari laba bersih 2023 sebagai dividen kepada pemegang saham. Total nilainya Rp17,7 triliun.

Kepastian tersebut, tertuang melalui rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pekan lalu. Meski dari sisi rasio turun dari tahun buku 2022 yang sebesar 80%, namun dari sisi nilai naik 6,5% dari Rp16,6 triliun.

Selain itu, nilai dividen Telkom tahun buku 2023 menjadi yang terbesar jika dibandingkan tahun buku dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu tentu saja menjadi kabar baik bagi kas negara. Pasalnya dengan kepemilikan 52,09%, negara berhak mendapat dividen dari Telkom Rp9,2 triliun.

Sementara masyarakat dengan kepemilikan saham di bawah 5% mendapat jatah Rp7,7 triliun.

Secara rinci, pemegang saham yang bisa mendapat jatah dividen Telkom harus terdaftar pada 17 Mei 2024. Adapun Telkom menetapkan tanggal pembayaran dividen tersebut pada 6 Juni 2024.

Kinerja Keuangan Telkom Kembali Terpapar Investasi Telkomsel di GOTO

Sebagai tambahan informasi, Telkom membukukan pendapatan konsolidasian 2023 Rp149,2 triliun atau tumbuh sebesar 1,3% dibanding periode yang sama 2022.

Dari situ, Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) perseroan tercatat sebesar Rp77,6 triliun dengan EBITDA margin pada 52,0%.

Sementara itu, laba bersih perseroan tumbuh 18,3% YoY menjadi Rp24,6 triliun pada akhir tahun 2023. Pencapaian ini dikontribusi oleh pertumbuhan bisnis Data, Internet & IT Service yang tumbuh 6,5% yoy menjadi Rp87,4 triliun.

Dividen dan PMN BUMN Jelang Pergantian Pemerintahan

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, tahun 2023 merupakan key milestone yang kritikal bagi Telkom dalam bertransformasi. Oleh karena itu, upaya memastikan agenda transformasi perseroan dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu menjadi sangat penting dalam memperkuat fundamental bisnis Perseroan serta mendorong pertumbuhan bisnis yang sehat dan berkelanjutan.

"Tahun 2023 menjadi tahun yang menantang bagi Telkom di tengah transformasi yang terus digerakkan. Alhamdulillah, Telkom mencatatkan kinerja cukup baik yang tentunya ini tidak lepas dari dukung karyawan dan seluruh stakeholder yang terlibat," kata Ririek.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//