Spanyol ke Final Usai Kalahkan Prancis, Siap Sabet Trofi ke-4 EURO

Para pemain Spanyol berpose untuk merayakan keberhasilan mereka mencapai Final Euro 2024 setelah mengalahkan Prancis dalam semifinal di Allianz Arena, Muenchen, 9 Juli 2024. (ANT/AFP/ODD ANDERSEN)

FAKTA.COM, Jakarta - Spanyol sukses ke babak final EURO 2024 usai menumbangkan Prancis 2-1 pada laga semifinal di Allianz Arena, Muenchen, Rabu (10/7/2024) dinihari WIB. Ini merupakan final kelima La Furia Roja di ajang Piala Eropa.

Sejatinya, Spanyol terlebih dahulu tertinggal kala Prancis mampu mengoyak gawang Unai Simon lewat gol Kolo Muani pada menit ke-9 babak pertama.

Gol terjadi berkat umpan silang matang Kylian Mbappe yang disundul Kolo Muani ke pojok kiri gawang Spanyol.

Tak berkecil hati, Tim Matador kemudian terus membombardir pertahanan hingga mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-21. Gol diciptakanLamine Yamal melalui tendangan melengkung dari luar kotak penalti ke pojok kanan atas gawang Maignan.

Gol itu sekaligus membuat Yamal memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang mampu mencetak gol dalam gelaran resmi Euro. Usia Yamal kali ini adalah 16 tahun, 362 hari.

Usai kedudukan sama, Spanyol tak henti membuat repot para pemain Prancis. Hasilnya, anak asuh La Fuente berbalik unggul pada menit ke-25. Kali ini melalui gol Dani Olmo yang mampu mengecoh dua pemain Prancis sebelum melepaskan tendangan mendatar ke gawang Maignan.

Di babak kedua, Prancis sebetulnya terus menekan Spanyol untuk mengejar ketertinggalan. Namun, hingga pertandingan usai, skor 2-1 untuk Spanyol tak berubah.

Hasil ini membuat Spanyol melaju ke final Piala Eropa untuk kelima kali setelah Euro 1964, 1984, 2008, dan 2012. Spanyol juga berkesempatan untuk mengangkat trofi keempat EURO sekaligus menjadi pemegang trofi terbanyak melewati Jerman. Untuk diketahui, Spanyol dan Jerman sama-sama mengoleksi tiga trofi EURO.

Di final, Spanyol menunggu pemenang laga semifinal antara Inggris versus Belanda yang digelar di Signal Iduna-Park, Dortmund, Kamis (11/7/2024) dinihari WIB.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//