Siapa Juara Liga Primer Inggris 2023/24? Man City atau Arsenal?

Oleh Afwan Abdul Basit - fakta.com
17 Mei 2024 13:00 WIB
Dok. Manchester City

FAKTA.COM, Jakarta - Manchester City dan Arsenal Kembali sengit untuk memperebutkan gelaran Premier League 2023/24. Penentuan juara liga bakal seru lantaran keduanya hanya berselisih 2 poin.

Siapa saja di antara keduanya bisa merengkuh trofi di laga pamungkas yang tersaji Minggu, 19 Mei 2024, malam. Keduanya pun dipaksa untuk memenangkan pertandingan masing-masing, setidaknya, untuk mengamankan peluang.

Bukan perkara mudah untuk memenangkan laga pamungkas, akhir pekan nanti. Sebab, keduanya bertemu tim yang cukup sering menyulitkan. Apalagi, calon lawan Man City maupun Arsenal tanpa beban berarti untuk menjalani laga.

Dok. Manchester City Dok. Manchester City

Untungnya, baik The Citizens maupun The Gunners dalam kondisi psikologis bagus jelang laga akhir. Di pertandingan sebelumnya City mampu mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 0-2 meski bermain di London. Arsenal pun sama. Bermain di Old Trafford, The Gunner mampu menumbangkan Manchester United dengan gol tunggal Leandro Trossard.

Lebih dari itu, semangat untuk memperebutkan trofi Liga Primer Inggris kian membara karena kedua akan bermain di kendang masing-masing. Man City bakal menjamu West Ham di Etihad Stadium, pun Arsenal siap menghadapi Everton di Emirates Stadium. Yang seru, keduanya akan menjalani laga di jam yang sama, sehingga tak ada celah untuk main mata dengan lawan-lawannya.

Siapa Lebih Berpeluang?

Mau dikata apa, Manchester City tetap paling berpeluang untuk merengkuh trofi liga. City punya keunggulan 2 poin di atas Arsenal. Man City sudah mengumpulkan 88 poin, sementara Arsenal 86 poin.

Dok. Manchester City Dok. Manchester City

Meski demikian, The Citizens mesti menang lawan West Ham jika ingin menjadi jawara Liga Primer Inggris untuk yang ke-10 kalinya. Jika sampai kalah (0 poin) dari The Hammers, City hanya bisa berharap kalau Arsenal juga kalah (0 poin) atau seri (+1 poin). Sebab, dengan begitu, poin 88 Man City tidak akan terlampaui oleh Arsenal.

Selain itu, Man City mesti mencetak gol sebanyak-banyaknya, lantaran saat ini selisih gol Arsenal (+61 gol) lebih unggul ketimbang City (+60 gol).

Adapun Arsenal harus lebih keras lagi. Si Meriam London harus menang lawan Everton! Setidaknya begini; Arsenal menang (+3 poin) berpeluang menjadi pemuncak klasemen dengan 89 poin, itupun jika Man City kalah (0 poin) dari West Ham sehingga poinnya tetap 88.

Dok. Manchester City Dok. Manchester City

Anak asuh Mikel Arteta itu juga harus menang (+3 poin) lawan Everton jika Man City seri (+1 poin) lawan The Hammers. Pasalnya, dengan begitu poin City maupun The Gunners menjadi sama yakni 89 poin. Nah, pada situasi itu, sesuai regulasi, maka selisih gol jadi penentu posisi di klasemen.

The Gunners saat ini punya selisih gol (+61 gol) lebih baik ketimbang The Citizens (+60 gol). Arsenal bisa juara dengan jumlah selisih gol karena jika Man City seri, selisih gol Arsenal bakal lebih unggul lagi.

Hitung-hitungan ini hanya sebagai pengantar untuk menghitung peluang kedua tim. Menurut kalian siapa yang bakal jadi juara Liga Primer Inggris 2023/24?

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//