Profil Veddriq Leonardo, Altet Panjat Tebing yang Sabet Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo (tengah) meraih medali emas untuk Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024. (Tangkap layar akun Instagram @veddriq)

FAKTA.COM, Jakarta – Veddriq Leonardo menjadi peraih medali emas pertama bagi Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024. Medali ini diraih dari cabang olahraga panjang tebing dari kategori Men Speed’s Climbing.

Veddriq mengantongi waktu 4,75 detik, lebih cepat 0,02 detik dari atlet China, Wu Peng. 

“Saya merasa sangat luar biasa. Ini selalu menjadi impian saya. Hari ini saya berhasil mewujudkan impian,” kata dia dikutip dari laman Olimpiade, Jumat (9/8/2024).

Indonesia Raih Emas Pertama Olimpiade Paris dari Panjat Tebing

Berdasarkan penelusuran Fakta.com dari berbagai sumber, Veddriq lahir di Kalimantan Barat pada 11 Maret 1997. Kecintaannya pada dunia panjat tebing bermula sejak dia duduk di bangku SMA.

Kala itu, Veddriq memiliki hobi berkegiatan di alam bebas. Semula, sang ibu sempat tidak mendukung pilihan karier Veddriq.

Sang ibu, Rosita, mengatakan sang anak memiliki kepribadian yang teguh dan kokoh. Bahkan, saat terjadi kebakaran hutan di Kalimantan pun, Veddriq tetap berlatih meskipun kabut asap memenuhi langit Kalimantan.

Veddriq Leonardo menyukai panjat tebing sejak SMA. (Tangkap layar akun Instagram @veddriq) Veddriq Leonardo menyukai panjat tebing sejak SMA. (Tangkap layar akun Instagram @veddriq)
Dari Boulder ke Speed

Berkat kerja keras dan tekad teguh yang dimiliki, pria ini berhasil mencuri perhatian publik. Dia meraih sejumlah prestasi di kejuaraan nasional panjat tebing pada 2014-2016.

Veddriq mulai mengikuti pelatihan nasional Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) pada tahun 2018. Awalnya, dia belajar panjat tebing di nomor boulder, lalu pindah ke speed.

Deretan Prestasi Veddriq Leonardo
Klasemen Olimpiade Paris: Indonesia Raih Medali Pertama, Cina Masih Teratas

Veddriq diketahui meraih medali emas di nomor speed relay pada Asian Games 2018. Bahkan, dia tercatat sebagai atlet pemecah rekor dunia.

Dia menjadi orang pertama di dunia yang berhasil memanjat dinding lintasan speed setinggi 15 meter dalam waktu 4,79 detik pada babak penyisihan Olimpiade Paris 2024.

Selain itu, Veddriq juga mengantongi sejumlah prestasi, seperti medali emas IFSC Climbing World Cup 2023 di Seoul, Korea Selatan; medali emas IFSC Climbing World Cup Salt Lake City di AS pada 2021, dan medali emas PRA-PON XX Zona 3 (Sulawesi Selatan).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//