Profil Rizky Juniansyah, Lifter Muda Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Atlet angkat besi, Rizky Juniansyah menyumbang medali emas untuk Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.)

FAKTA.COM, Jakarta – Rizky Juniansyah menjadi sorotan setelah meraih medali emas untuk Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024. Medali itu menjadi emas kedua bagi Indonesia.

Dikutip dari Antara, Jumat (9/8/2024), Rizki berhasil menyelesaikan angkatan dengan total berat 354 kg, mengalahkan dua pesaing utamanya, Weeraphon Wichhuma dari Thailand dan Dimitrov Bozhidar Andreev dari Bulgaria.

Angkatan tersebut terdiri dari snatch seberat 155 kg dan clean and jerk seberat 199 kg, yang sekaligus mencatatkan namanya sebagai pemegang Olympic Record untuk clean and jerk. Prestasi ini juga mengukir sejarah sebagai lifter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade.

Olimpiade Paris 2024: Lifter Rizki Juniansyah Tambah Emas untuk Indonesia

Pria berusia 21 tahun ini berasal dari keluarga lifter. Sang ayah, Mohammad Yasin adalah mantan atlet angkat besi nasional. Sementara itu, sang ibu, Yeni Rohaeni, juga merupakan seorang lifter.

Dukungan keluarga dan lingkungan yang mendorongnya sejak dini membuat Rizki mengenal olahraga angkat besi sejak kecil. Ia mulai menggeluti olahraga ini di usia muda dan meraih sejumlah medali di berbagai kejuaraan lokal dan daerah seperti PPLP, Popda, Porprov, hingga PON.

Bertabur Prestasi

Prestasi Rizki terus menanjak, menjadikannya salah satu lifter paling menjanjikan bagi Indonesia. Meskipun usianya tergolong belia, Rizki telah meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Junior 2021 di Uzbekistan dan Kejuaraan Dunia Junior 2022 di Heraklion. Dia juga memegang rekor dunia untuk angkatan snatch di kategori junior.

Indonesia Raih 2 Emas di Olimpiade Paris, Jokowi: Saya Sangat Senang

Di kancah Asia Tenggara, Rizki juga sukses merebut medali perak di SEA Games 2021 dan emas di SEA Games 2023, sekaligus mencatatkan tiga rekor SEA Games.

Dominasi Rizki semakin diperkuat dengan raihannya pada Kejuaraan Asia 2024 di Uzbekistan, di mana ia membawa pulang medali perak. Pada debutnya di Kejuaraan Dunia 2022, dia juga berhasil meraih medali perak dan emas, mempertegas statusnya sebagai salah satu lifter terkuat dunia.

Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 berhasil dilalui Rizki dengan gemilang setelah menjuarai IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand. Di ajang tersebut, ia mencatatkan angkatan snatch seberat 165 kg dan clean and jerk seberat 201 kg, dengan total angkatan 365 kg yang hingga kini masih menjadi rekor dunia.

Dengan dua medali emas di Olimpiade Paris 2024, Rizki Juniansyah telah mengukir namanya dalam sejarah olahraga Indonesia dan dunia, membawa harum nama bangsa di kancah internasional.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//