Profil Nathan Tjoe-A-On, Pemain Naturalisasi Timnas U-23 yang Berdarah Semarang

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
26 April 2024 18:27 WIB
Nathan Tjoe-A-On (kiri). (Dokumen PSSI)

FAKTA.COM, Jakarta - Nathan Tjoe-A-On merupakan salah seorang pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada Piala Asia U-23 2024. Yang menarik, dia merupakan orang berdarah Semarang.

Mengutip laman PSSI, Jumat (26/4/2024), pria bernama lengkap Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On merupakan seorang pemain Swansea City A.F.C. Dia dipinjamkan ke klub SC Heerenveen.

Nathan adalah seorang Belanda yang lahir di Rootterdam pada 22 Desember 2001. Darah Indonesia mengalir dari sang kakek yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Pria yang mendapatkan "panggilan sayang" Tejo dari warganet Indonesia, mengantongi paspor Indonesia pada 11 Maret 2024. Nathan juga diketahui sudah merumput di dua pertandingan internasional resmi melawan Vietnam. Kala itu, Indonesia berlaga untuk kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas U-23 vs Korea Selatan, Shin Tae-yong: Kami Lakukan yang Terbaik

Rintis Karier dari Sini

Nathan Tjoe-A-O  memiliki darah Semarang dari sang kakek. (dokumen PSSI) Nathan Tjoe-A-O  memiliki darah Semarang dari sang kakek. (dokumen PSSI)


Klub sepak bola pertamanya adalah Excelsior. Bersama klub sepak bola asal Belanda, dia membawa timnya ke Eredivise (liga sepak bola Belanda) pada 2022/2023 dengan 10 penampilan.

Nathan juga tercatat mengantongi satu gol dan satu gol assist di Eredivise. Malah, dia juga mendapatkan gelar "Eredivise Talent of The Month" pada September 2022.

Penampilan Nathan membuat Swansea City kepincut. Klub sepak bola asal Wales, Inggris, memboyong dia senilai 500 ribu euro (Rp8,72 miliar), dikutip dari Transfer Mrkt.

Setengah musim di Swansea City, dia dipinjam ke Eredivise SC Heerenveen. Nathan bermain sebanyak empat kali di Heerenveen ketika menjadi pemain pengganti.

Luar Biasa! Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23

Sempat Buat Warganet Bersedih karena Ini

Kepulangan Nathan ke Belanda untuk membela Heereveen membuat warganet bersedih. (Dokumen PSSI) Kepulangan Nathan ke Belanda untuk membela Heereveen membuat warganet bersedih. (Dokumen PSSI)


Nathan memulai debut membela timnas Garuda Muda pada 12 Maret 2024. Kala itu, Timnas U-23 bertanding melawan Vietnam pada kualifikasi Piala Dunia 2026. Penampilannya yang apik membuat para penggemar sepak bola Indonesia terpana.

Nathan pun sempat membuat warganet bersedih karena harus pulang ke klub untuk berlaga dalam liga Eredivise. Setelah lobi alot PSSI dengan Heerenveen, pemain ini akhirnya kembali bergabung dengan Timnas U-23.

Pemain juga tercatat ikut serta dengan Garuda Muda saat melawan Korea Selatan pada perempatfinal Piala Asia AFC U-23.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//