Profil Gregoria Mariska Tunjung, Peraih Medali Perunggu di Olimpiade Paris 2024

Greogria Mariska Tunjung meraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz (WAHYU PUTRO A/Wahyu Putro A)

FAKTA.COM, Jakarta – Atlet bulu tangkis Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, meraih medali perunggu di Olimpiade Paris 2024. Medali perunggu itu menjadi medali pertama Indonesia dalam ajang olahraga dunia.

Gregoria meraih medali perunggu setelah lawannya dari Spanyol, Carolina Marin, mundur dari pertandingan. Diketahui Marin mengalami cedera saat melawan He Bing Jiao dari China di babak semifinal.

Siapakah Gregoria Mariska Tunjung?

Klasemen Olimpiade Paris: Indonesia Raih Medali Pertama, Cina Masih Teratas

Menurut penelusuran Fakta.com dari berbagai sumber, Sabtu (10/8/2024), Gregoria rupanya pernah mendalami karate sebelum beralih ke bulu tangkis. Dia beralih ke olahraga “tepok bulu” setelah mendapat dukungan penuh dari orang tuanya.

Gregoria memulai karier bulu tangkisnya bersama klub PB Mutiara Cardinal Bandung, Jawa Barat, terinspirasi dari legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat. Keberhasilannya dalam berbagai turnamen lokal dan regional membuat bakatnya kian dikenal.

Gregoria Mariska Tunjung, peraih medali perunggu di Olimpiade Paris 2024. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/app/rwa.) Gregoria Mariska Tunjung, peraih medali perunggu di Olimpiade Paris 2024. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/app/rwa.)

Pada tahun 2013, ia dipanggil untuk bergabung dengan Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Salah satu pencapaian awalnya adalah meraih posisi runner-up tunggal putri pada Malaysia International Challenge 2014.

Perjalanan karier Gregoria tidak selalu mulus. Setelah gagal menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam, dia sempat mempertimbangkan untuk mengakhiri kariernya sebagai atlet bulu tangkis nasional.

Kekalahan dari wakil Thailand, Phittayaporn Chaiwan, di babak semifinal dengan skor 18-21 dan 14-21, membuatnya merenungkan karier yang dirasakannya stagnan tanpa gelar yang signifikan.

3 Pebulu Tangkis Indonesia Berjuang di Laga Terakhir Babak Grup

Keputusan untuk bertahan dan terus berjuang akhirnya membuahkan hasil. Pada tahun 2023, Gregoria kembali menorehkan prestasi dengan meraih gelar juara di Spain Masters 2023. Momentum positif ini berlanjut dengan penampilan impresifnya di beberapa turnamen lainnya, seperti Malaysia Open 2023 dan Japan Masters.

Konsistensi dan ketangguhannya membawa Gregoria lolos ke Olimpiade Paris 2024 sebagai satu-satunya wakil Indonesia di sektor tunggal putri.

Gregoria memiliki sejumlah prestasi dari olahraga bulu tangkis. Misalnya, runner up Australian Open 2022 untuk tunggal putri, medali perunggu di Nanning 2019 untuk tim campuran, serta medali perunggu di Kuala Lumpur pada 2017 untuk tim putri.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//