Pelatih Filipina Klaim Dapat Ancaman Pembunuhan dari Suporter Indonesia

Oleh Afwan Abdul Basit - fakta.com
10 Juni 2024 16:08 WIB
Tom Saintfiet (kiri) pada konferensi pers sebelum laga Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (10/6/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

FAKTA.COM, Jakarta - Pelatih tim nasional Filipina Tom Saintfiet mengeluhkan ancaman yang dialamatkan kepadanya dari para penggemar timnas Indonesia. Ia mengklaim ancaman datang setelah laga Vietnam vs Filipina di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dimainkan Kamis (6/6/2024).

"Saya mendapat banyak pesan dari fans Indonesia. Saya mendapat banyak ancaman pembunuhan dan itu tidak bagus. Saya tidak terbiasa dengan hal itu. Menurut saya, bagi orang-orang yang mengenal saya, saya adalah pelatih yang adil, dan mungkin ada semacam keliru penerjemahan,” kata Saintfiet dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Usai laga yang dimenangi Vietnam 3-2, Saintfiet sempat ditanyai pendapatnya oleh pewarta Vietnam mengenai kemungkinan Vietnam lolos ke putaran selanjutnya. Sang pelatih mengaku ucapannya disalahpahami sebagai perang urat syaraf oleh fan Indonesia.

"Jurnalis Vietnam bertanya kepada saya, 'menurut Anda bagaimana peluang Vietnam?' Dan saya menjawab, 'Kami akan pergi ke Indonesia untuk berusaha memenangi pertandingan. Jika kami mengalahkan mereka, Anda (Vietnam) lolos.' Dan itu saja yang saya katakan,” kata Saintfiet.

Mantan pelatih timnas Yaman, Ethiopia, dan Togo itu mengaku dirinya sudah lama mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Sehingga ia sangat paham kekuatan sepak bola Indonesia yang dinilainya sudah berkembang pesat.

"Indonesia dalam setahun terakhir berkembang begitu pesat, begitu pula dalam beberapa bulan terakhir. Mereka mendatangkan pemain-pemain baru, sehingga kini menjadi salah satu tim yang kuat di Asia. Dan selama bertahun-tahun kualitas sepak bola Indonesia meningkat,” ucap pelatih asal Belgia tersebut.

Dalam pandangan Saintfiet, tim Filipina juga telah berkembang, tetapi ia bersikap realistis dengan perbedaan kualitas antara tim asuhannya dengan timnas Indonesia.

Indonesia yang saat ini menduduki posisi kedua Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan tujuh poin. Tim Garuda membutuhkan kemenangan atas Filipina untuk mengamankan tiket ke putaran ketiga.

Pasalnya, jika Indonesia kalah dari Filipina, sementara Vietnam menang lawan Irak, maka yang lolos ke ronde III Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia adalah Vietnam.

Adapun Filipina saat ini berada posisi keempat atau terakhir Grup F dengan hanya satu poin. Mereka sudah pasti tidak akan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//