MotoGP Mandalika Saksi Persaingan Ketat Francesco Bagnaia dan Jorge Martin

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
05 Oktober 2023 04:13 WIB
Dokumen MotoGP

FAKTA.COM, Jakarta - Seri balap kelas dunia MotoGP 2023 siap digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Gelaran seri-15 tersebut akan sangat menarik minat lantaran kian ketatnya persaingan di puncak klasemen antarpembalap.

Berdasarkan hasil seri ke-14 yang digelar Sirkuit Motegi Jepang, puncak klasemen MotoGP ditempati oleh pembalap Italia, Francesco Bagnaia dari Ducati dengan 319 poin. Di posisi kedua ada Jorge Martin, pembalap Spanyol yang telah mengoleksi poin 316 atau hanya selisih tiga poin dari sang pemuncak klsasemen.

Nestapa Pengelola Sirkuit Mandalika

Dengan begitu, penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang merupakan seri ke-15 MotoGP 2023 diprediksi bakal semakin seru. Rencananya, balap kelas dunia ini akan digelar pada 13-15 Oktober mendatang.

Persiapan tuan rumah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno pun turut merasakan ketatnya persiangan antarpembalap dalam ajang MotoGP 2023. Dari sisi tuan rumah, Indonesia tentu telah mempersiapkan diri dalam penyelanggaraan balap motor kelas dunia tersebut.

"Jadi MotoGP ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah dan akan menjadi sangat menarik. Karena, di penghujung musim balapan kali ini perbedaan angka antara dua pembalap tertinggi itu sangat dekat,” kata dia, dikutip dari laman resminya, Rabu (4/102023).

9 Bulan, Penghimpunan Dana dari Pasar Modal Capai Rp175,8 T

Dampak ekonomi Rp3,5 triliun

Selain serunya aksi balapan kuda besi ini, menurut Sandiaga, MotoGP Mandalika juga punya magnet yang cukup kuat dari sisi perekonomian. Bahkan, pada penyelenggaraannya di tahun lalu dampak ekonomi yang ditimbulkan mencapai hingga Rp3,5 triliun.

Oleh sebab itu, seluruh masyarakat Indonesia harus mendukung gelaran balap motor kelas dunia ini agar lebih sukses ketimbang tahun lalu. Adapun upaya yang tengah digarap pemerintah di antaranya, peningkatan destinasi pariwisata di kawasan sekitar.

Uang Beredar Capai Rp8.363,2 Triliun, Ini Komponen dan Faktornya

Sandiaga mengatakan, "Kami harapkan mendapatkan perhatian luar biasa bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia dan secara kawasan perhelatan MotoGP ini tentunya sangat menarik,” jelasnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//