Menang Lewat Gol Bunuh Diri, Prancis Beruntung Miliki N'Golo Kante

Foto: X.com/@FrenchTeam

FAKTA.COM, Jakarta - Timnas Prancis sukses mencuri tiga poin di laga awal Euro 2024 usai menang tipis 1-0 melawan Austria di Esprit Arena, Dusseldorf, Selasa (18/6/2024) dini hari WIB. Gol tercipta setelah pemain Austria, Maximilian Wober, melakukan bunuh diri pada menit ke-38.

Meskipun menang, permainan Finalis Piala Dunia 2022 itu kurang menggigit. Padahal, line-up asuhan Didier Deschamps bertabur bintang. Secara statistik, justru Austria yang menguasai laga.

Austria bermain dengan pressing tinggi di 30 menit awal babak pertama. Pressing tinggi anak asuh Ralf Rangnick hingga garis kotak penalti membuat Les Bleus kesulitan melakukan build-up.

Pada menit ke-35, Austria bahkan hampir membuka keunggulan melalui kerja sama apik Marcel Sabitzer dan Christoph Baumgarter. Sayangnya, Baumgarter yang tinggal satu lawan satu gagal menaklukkan kiper Prancis, Mike Maignan.

Karena pressing tinggi, Prancis beberapa kali terpaksa melakukan umpan-umpan lambung yang mudah diantisipasi Marcel Sabitzer dkk. Meski demikian, juara Piala Dunia 2018 itu mampu keluar dari tekanan dengan transisi serangan cepat.

Tim Ayam Jantan pun sepertinya beruntung dengan kehadiran N'Golo Kante. Mantan penggawa Leicester City dan Chelsea itu mampu mengomandoi lini tengah Prancis dan mematahkan sejumlah serangan Austria. 

N'Golo bahkan lebih banyak ikut menjaga pertahanan ketimbang maju ke depan. Perannya inilah yang membuat pemain Al-Ittihad, Arab Saudi, itu dinobatkan sebagai man of the match pada laga tersebut.

Prancis sebagai tim unggulan di Piala Eropa tahun ini pun akhirnya menunjukkan tajinya sebagai tim besar. Mereka mampu mencetak gol di menit ke-38, meskipun hanya gol bunuh diri Wober.

Berawal dari aksi Mbappe yang mengelabui Mwene dari sisi kiri pertahanan Austria, bintang Les Bleus itu melepaskan umpan tarik yang membuat Maximilian Wober melakukan kesalahan karena menanduk bola ke gawangnya sendiri. Gol itu pun menjadi satu-satunya yang tercetak di laga tersebut.

Kemenangan ini membuat pemegang 2 trofi EURO itu berada di posisi kedua Grup D dengan tiga poin. Tim Ayam Jantan masih di bawah Belanda yang mengalahkan Polandia dengan skor 2-1. Prancis dan Tim Oranye selanjutnya saling berhadapan di Red Bul Arena, Lepizig, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB.

Selain itu, hasil ini juga menjadi kemenangan ke-100 Didier Deschamps sebagai pelatih Prancis dari 154 laga yang telah ia pimpin.

Susunan pemain:

Austria: Patrick Pentz, Stefan Posch, Kevin Danso, Maximilian Wober, Phillipp Mwene, Nicolas Seiwald, Florian Grillitsch, Konrad Laimer, Christoph Baumgarter, Marcel Sabitzer, Michael Gregoritsch

Pelatih: Ralf Rangnick.

Prancis: Mike Maignan, Theo Hernandez, William Saliba, Dayot Upamecano, Jules Kounde, Mike Maignan, Adrien Rabiot, N'Golo Kane, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Marcus Thuram, Kylian Mbappe

Pelatih: Didier Deschamps.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//