Kolombia Tumbangkan Paraguay, Brasil Imbang Lawan Kosta Rika

Kolombia menang 2-1 melawan Paraguay dalam pertandingan pertama Grup D Copa America di NRG Stadium Houston, Texas. ANTARA/AFP/LOGAN RIELY

FAKTA.COM, Jakarta - Timnas Kolombia memulai laga perdana Copa America 2024 dengan kemenangan 2-1 atas Paraguay dalam laga Grup D di NRG Stadium Houston, Texas, Selasa (25/6/2024) pagi WIB.

James Rodriguez menunjukkan performa gemilang dalam laga kali ini. Mantan pemain Real Madrid itu pun dinobatkan sebagai pemain terbaik laga tersebut.

Gelandang berusia 32 tahun itu memberikan assist untuk gol pembuka Kolombia pada menit ke-32. Setelah menemukan ruang di sisi kiri, Rodriguez mengirim umpan silang yang tepat ke tiang jauh, di mana Daniel Munoz menyambutnya dengan sundulan keras yang mengecoh kiper Paraguay, Rodrigo Morinigo.

Sepuluh menit kemudian, Kolombia menggandakan keunggulan mereka dan lagi-lagi gol tersebut dihasilkan dari kaki kiri Rodriguez. Kali ini, tendangan bebas Rodriguez disambut sundulan gelandang Crystal Palace, Jefferson Lerma, yang mengubah skor menjadi 2-0 di menit 42.

Kolombia terus menciptakan peluang di babak kedua, namun Paraguay membuat pertandingan menjadi menegangkan setelah Julio Enciso yang merupakan pemain Brighton and Hove Albion mencetak gol pada menit ke-69. Skor pun jadi 2-1.

Kolombia hamper saja menang 3-1 andari gol Yerry Mina tidak dianulir wasit Argentina, Dario Herrera, melalui tinjauan VAR. Skor 2-1 pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Selanjutnya, Kolombia akan menghadapi Kosta Rika dalam pertandingan kedua mereka di turnamen ini pada Sabtu (29/6).

Dengan kemenangan ini, Kolombia memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 24 pertandingan.

Brasil Kesulitan Bongkar Pertahanan Kosta Rika

Sementara itu, Brasil memulai turnamen Copa America dengan kekecewaan setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Kosta Rika.

Brasil mendominasi penguasaan bola dengan unggul 74 persen dalam pertandingan pembuka Grup D Copa América yang berlangsung di SoFi Stadium Los Angeles, Selasa WIB.

Tapi, kuatnya pertahanan Kosta Rika membuat lini serang Brasil tumpul. Hanya ada tiga tembakan yang tepat sasaran ke gawang Kosta Rika dari total 19 tembakan yang dilesakkan pemain Brasil.

Kosta Rika terlihat menumpuk lima pemain di belakang untuk membatasi ruang bagi penyerang Brasil. Strategi ini terbukti efektif meskipun tim asuhan Gustavo Alfaro beberapa kali berada dalam situasi berbahaya.

Pasalnya, Brasil sempat membobol gawang Kosta Rika pada menit ke-30 ketika sontekan Rodrygo jatuh di jalur Marquinhos yang kemudian meneruskan bola ke tiang jauh. Namun, gol tersebut dianulir wasit setelah peninjauan VAR karena adanya offside pemain Brasil.

Hasil ini membuat Kolombia memimpin puncak klasemen Grup D dengan 3 poin diikuti Brasil dan Kosta Rika dengan masing-masing satu poin. (ANT)

Google.com Google.com

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//