Kolombia ke Final, Pupus Impian Uruguay Lewati Argentina di Copa America

Suporter timnas Kolombia merayakan kemenangan 1-0 atas Uruguay pada semifinal Copa America 2024 di Bank of America Stadium, AS, Kamis (11/7/2024) pagi WIB. Foto: X.com/@@FCFSeleccionCol

FAKTA.COM, Jakarta - Kolombia memastikan diri ke Final Copa America 2024 setelah menumbangkan Uruguay dengan skor tipis 1-0. Laga semifinal di Bank of America Stadium, Kamis (11/7/2024) pagi WIB, ini seakan keajaiban lantaran Kolombia bermain dengan 10 orang sejak additional time babak pertama.

Kolombia memang bermain agresif sejak menit-menit awal babak pertama. Sayang, pertahanan Uruguay yang kokoh membuat James Rodriguez kesusahan membongkarnya.

Lionel Messi Bawa Lagi Argentina ke Final Copa America

Uruguay bukan cuma menunggu. Tim asuhan Marcelo Bielsa itu juga sempat beberapa kali mengancam gawang lawan. Namun, pertahanan apik lini belakang Kolombia membuat Uruguay kewalahan juga.

Kebuntuan laga akhirnya dipecahkan Kolombia di menit ke-38. Melalui skema tendangan sudut, James Rodriguez mampu mengirim umpan cantik ke tiang jauh hingga berhasil disundul Jefferson Lerma. Gol tercipta setelah tandukan Lerma terlebih dahulu menyentuh rumput dan menembus gawang Sergio Rochet.

Unggul satu gol tidak membuat Kolombia mengendurkan serangan. Los Cafeteros bisa saja melebarkan keunggulan andai Rochet tidak menepis tendangan Richard Rios di menit ke-44.

Gempuran demi gempuran Kolombia mesti terhenti ketika Daniel Munoz diusir wasit pada menit 45+1. Munoz mendapat kartu kuning kedua usai menyikut perut pemain Uruguay, Manuel Ugarte. Kartu merah pun otomatis dihadiahkan wasit kepada Munoz. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Kolombia.

Babak kedua dijalani Kolombia dengan cuma bertahan. Sepuluh pemain tersisa lebih banyak bergerak di Bawah garis serangan. Sementara Uruguay terus mengancam untuk menyamakan kedudukan.

Berbagai peluang didapatkan Nunez dkk. Sayang, para pemain Uruguay tak mampu menghadirkan gol hingga peluit akhir dibunyikan wasit.

Kemenangan ini pun disambut meriah Kolombia dan suporternya karena lolos ke final. Ini adalah final Copa America ketiga bagi Kolombia. Setidaknya, James Rodriguez dkk berkesempatan mempersembahkan trofi kedua setelah Copa America 2001.

Di final, mereka akan menantang Argentina yang sebelumnya mampu menundukkan Kanada. Bagi Argentina, final kali ini untuk menambah koleksi trofi ke-16 sekaligus menahbiskan diri menjadi penguasa Copa America melewati Uruguay.

Patut ditunggu, apakah Messi berhasil angkat trofi lagi? Atau, Kolombia yang sudah dahaga sejak lama?

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//