Kalahkan Hungaria 2-0, Jerman Lolos ke 16 Besar Piala Eropa

Timnas Jerman berfoto bersama sebelum laga EURO 2024 melawan Hungaria di Berlin, Rabu (19/6/2024). DFB/Philipp Reinhard

FAKTA.COM, Jakarta - Timnas Jerman dipastikan menjadi tim pertama yang melaju ke 16 besar setelah menang atas Hungaria. Der Panzer menyarangkan dua gol ke gawang Hungaria dalam matchday ke-2 Grup A Euro 2024 di Mercedes-Benz Arena, Berlin, Rabu (19/6/2024).

Dua gol kemenangan tim tuan rumah dicetak oleh Jamal Musiala di paruh pertama dan Ilkay Gundogan di babak kedua.

Jerman baru bisa membuka skor pada menit ke-22. Gol bermula dari serangan Jerman yang berujung pada umpan Musiala ke arah Ilkay Gundogan.

Kapten Timnas Jerman itu tampil ngotot di kotak penalti hingga bersentuhan dengan Willi Orban yang jatuh dan tak sengaja membuat bola menjadi liar.

Gundogan merebut bola kemudian mengirimkan umpan ke Musiala. Musiala menuntaskan umpan Gundogan dengan tembakan jarak dekat yang gagal diselamatkan Gulacsi.

Gol tersebut sempat diprotes para pemain Hungaria karena merasa Gundogan lebih dulu melanggar Orban untuk menguasai bola. Namun, pengecekan VAR menyatakan gol tersebut sah. Kontak antara Orban dan Gundogan dinilai bukan pelanggaran. Jerman memimpin 1-0 hingga turun minum.

Die Mannschaft menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-67. Sebuah permainan umpan cepat berakhir di kaki Maximilian Mittelstadt yang kemudian mengirimkan umpan silang datar dari sisi kiri ke kotak penalti.

Bola kemudian disambar Gundogan yang berhasil mendapatkan ruang dan tidak terkawal di kotak penalti. Tembakannya ke sudut kanan gawang gagal dihalau Gulacsi.

Ilkay Gundogan mampu memberi assist dan mencetak gol. Kapten Jerman itu pun menjadi player of the match. 

Meski demikian, Gundogan tetap menyanjung Jamal Musiala. Bagi Gundogan, penyerang 21 tahun itu sudah menunjukkan diri sebagai pemain terpenting Der Panzer.

Derby Balkan Imbang, Krosia vs Albania Berakhir 2-2

Sebelumnya, Musiala dinobatkan sebagai man of the match saat Jerman menghabisi Skotlandia 5-1 pada laga pembuka Piala Eropa, pekan lalu.

"Bagi saya, Musiala luar biasa. Sungguh menyenangkan bermain bersamanya. Dia seseorang yang bisa melakukan hal tak terduga dalam setiap situasi dan bisa membuat perbedaan bagi tim kami," kata Ilkay Gundogan sebagaimana diwartakan AFP melalui Antara pada Kamis WIB.

Pelatih Jerman Julian Nagelsmann pun menyanjung Musiala. Mantan pelatih FC Hollywood itu menilai penampilan Musiala sangat brilian.

"Saya sudah mengenal Jamal di Bayern dan sekarang. Dia harus terus bermain dengan teman-temannya dan tidak boleh memikirkan tekanan. Dia melakukan pekerjaan yang brilian untuk hari ini, seperti yang dia lakukan saaat melawan Skotlandia," kata Nagelsmann.

Kemenangan Jerman ini membuat mereka otomatis lolos ke babak 16 besar setelah mengumpulkan enam poin. Namun, Jerman tampaknya ingin jadi pemuncak klasemen dengan berharap bisa mengandaskan Swiss di laga terakhir Grup A, nantinya.

Google.com Google.com

Sedangkan Hungaria hanya bisa berharap menjadi peringkat ketiga terbaik jika ingin lolos ke fase gugur. Dengan catatan, Hungaria memenangkan pertandingan terakhir lawan Skotlandia. (ANT/UEFA)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//