Inggris ke Final EURO Lagi usai Kalahkan Belanda

Ollie Watkins (putih) menjadi pahlawan Inggris yang mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 pada laga semifinal EURO 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7/2024) dinihari WIB. Foto: englandfootbal.com

FAKTA.COM, Jakarta - Inggris melaju ke final Piala Eropa 2024 setelah menang 2-1 atas Belanda pada laga semifinal Piala Eropa 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7/2024) dinihari WIB.

Laga berlangsung sengit. Jual beli serangan pun diperagakan kedua tim.

Bahkan, Belanda mampu unggul terlebih dahulu di menit ke-7 babak pertama melalui Xavi Simons. Pemain Paris Saint German itu mencetak gol dari luar kotak penalti setelah mencuri bola dari Declan Rice di 35 meter depan gawang Inggris.

Tertinggal satu gol membuat Inggris bereaksi cepat. The Three Lions mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-18 melalui titik 12 pas. Hadiah penalti didapat Inggris setelah pemain Belanda, Denzel Dumfries, melanggar Harry Kane di kotak penalti.

Awalnya wasit Felix Zwayer tidak menganggap apa yang dilakukan Dumfries sebagai pelanggaran, tetapi ia kemudian melihat VAR dan memberikan penalti kepada Inggris.

Kane pun menjadi algojo. Sepakannya ke sudut kiri bawah gawang Belanda hanya mampu ditepis tipis oleh kiper Verbruggen. Bola yang melaju cepat itu pun masuk ke gawang Belanda.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, jual beli serangan agak mengendur. Laga tampak kaku dan kedua tim seperti bermain hati-hati.

Sesekali peluang tercipta, namun bola tak jua menggetarkan jala. Kecuali, pada menit ke-79 saat Inggris sempat mencetak gol via Bukayo Saka. Sayang, gol sambaran pemain Arsenal hasil umpan tarik Kyle Walker itu dinyatakan tidak sah karena Saka terlebih dahulu dalam posisi offside.

Belanda juga bukannya tanpa perlawanan, tapi sejumlah peluang berhasil dimentahkan Stones dkk di lini belakang.

Tim Oranye justru terkubur dalam kesedihan ketika Inggris mampu menyarangkan bola di menit akhir laga.

Kali ini melalui pemain cadangan Ollie Watkins dan Cole Palmer. Dua pemain yang mengganti Kane dan Foden itu mampu bekerja sama hingga hingga membalikkan keadaan. Watkins berhasil menerima operan Palmer yang lantas melepaskan tendangan mendatar ke gawang Belanda.

Skor 2-1 ini pun bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. Kemenangan ini pun mengantarkan anak asuh Gareth Southgate melaju ke final.

Spanyol ke Final Usai Kalahkan Prancis, Siap Sabet Trofi ke-4 EURO

Pada pertandingan final, The Three Lions akan bertemu Spanyol. Sebelumnya, La Furia Roja lolos duluan setelah menumbangkan Prancis dengan skor 2-1 juga.

Bagi Inggris, ini adalah final kedua berturut-turut setelah tahun 2020. Final kali ini juga menjadi kesempatan emas bagi Inggris untuk meraih trofi EURO untuk pertama kalinya setelah gagal empat tahun lalu. Football is coming home?

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//