Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN di Fase 3 Kualifikasi PD 2024 Zona Asia

Oleh Afwan Abdul Basit - fakta.com
12 Juni 2024 11:40 WIB
Selebrasi Tom Haye usai mencetak gol pembuka pada laga Indonesia vs Filipina yang berakhir 2-0 di SUGBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Foto: pssi.org

FAKTA.COM, Jakarta - Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara atau ASEAN yang mampu lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia lolos ke fase berikutnya setelah mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024).

Sementara timnas negara ASEAN lainnya harus gugur di fase kedua setelah tak bisa menduduki posisi puncak maupun runner-up di tiap grup. Vietnam dan Filipina mesti puas di posisi ketiga dan buncit karena kalah poin dari Irak dan Indonesia.

Raja sepakbola ASEAN, Thailand, juga kandas karena kalah poin dari Korea Selatan dan China di Grup C. Di bawah Thailand, bercokol Singapura yang dipastikan jadi juru kunci Grup C.

Malaysia pun akur. Harimau Malaya hanya finis di posisi ketiga di bawah Oman dan Kyrgizstan di Grup D. Sementara Myanmar berada di posisi buncit Grup B di bawah Jepang, Korea Utara, dan Suriah.

Pelatih Shin Tae-yong bilang pada putaran ketiga tersebut lawan yang dihadapi jauh lebih sulit dibandingkan putaran kedua. Apalagi, dipastikan Indonesia menjadi negara dengan peringkat terbawah di antara semua kontestan di fase ketiga.

"Kita tim paling lemah dari yang sudah lolos ke putaran ketiga. Tetapi mimpi saya, saya akan berusaha mencapainya, tidak akan menyerah (untuk dapat lolos ke Piala Dunia)," yakin pelatih asal Korea Selatan itu dalam konferensi pers usai laga.

Sejauh ini sudah ada 16 tim yang memastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain Indonesia, mereka adalah Australia, Bahrain, China, Iran, Irak, Jepang, Yordania, Korea Utara, Oman, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Shin Tae-yong (kiri) dan Tom Haye (kanan) dalam konferensi pers pasca laga Indonesia vs Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di SUGBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI) Shin Tae-yong (kiri) dan Tom Haye (kanan) dalam konferensi pers pasca laga Indonesia vs Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di SUGBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Undian untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan diselenggarakan pada 27 Juni mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia.

Para kontestan akan dibagi dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Hanya dua tim teratas di klasemen akhir yang berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2026, sedangkan tim-tim peringkat ketiga dan keempat akan memainkan kualifikasi putaran keempat. (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//