Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae-yong: Saya Senang tapi Sulit

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
26 April 2024 10:47 WIB
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: Dok PSSI)

FAKTA.COM, Jakarta - Timnas U-23 Indonesia menang secara heroik atas Korea Selatan lewat drama adu penalti 11-10 (2-2).

Kemenangan tersebut membawa Garuda Muda lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 sekaligus membuka peluang tampil di Olimpiade Paris.

Bagi Korea Selatan, kekalahan dari Indonesia telah memutus rekor selalu tampil di Olimpiade sejak tahu 1988 silam.

"Pertama-tama, saya sangat senang dan bahagia. Saya merasa baik-baik saja. Tapi di sisi lain, ini sulit. Tapi pertandingan harus diputuskan. Saya saat ini memimpin Indonesia, jadi saya melakukan yang terbaik untuk Indonesia," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari xportsnews, Jumat (26/4/2024).

Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23, Erick Thohir: Alhamdulillah

Shin Tae-yong juga mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan suporter Timnas U-23 Indonesia.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan presiden asosiasi, serta para penggemar Indonesia yang begadang semalaman dan mendukung kami,” katanya. 

Lebih lanjut Shin Tae-yong mengakui, kemenangan atas Korea Selatan membangkitkan kepercayaan diri anak-anak asuhnya.

"Kami benar-benar bisa melewatinya, saya yakin hal itu memotivasi para pemain kami dan mereka bermain dengan percaya diri," tandas mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Garuda Muda memang makin dekat menggenggam tiket ke Olimpiade Paris 2024. Juara, runner-up, dan peringkat tiga Piala Asia U-23 mendapatkan tiket otomatis ke Olimpiade. Sementara itu, tim peringkat empat akan bertanding dengan wakil dari Afrika, Guinea.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan presiden asosiasi, serta para penggemar Indonesia yang begadang semalaman dan mendukung kami.”

Shin Tae-yong

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan rasa syukur dan bangga yang luar biasa atas keberhasilan Timnas lolos ke semifinal Piala Asia U-23.

Menurut Erick, Garuda Muda layak dinobatkan sebagai pencetak sejarah baru sepak bola Indonesia karena mampu membawa harum nama bangsa. Apalagi perjuangan ini diraih lewat drama penambahan waktu dan adu penalti.

"Alhamdulillah. Saya bersyukur kepada Yang Kuasa, dan rasa bangga kepada para pemain, pelatih, ofisial, serta seluruh timnas yang bermain sangat luar biasa dan terus menciptakan sejarah bagi sepakbola Indonesia. Generasi emas pesepakbola muda ini telah berjuang dengan semangat tinggi, mental baja, dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Terima kasih," ujar Erick Thohir, dalam keterangannya.

Luar Biasa! Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23

Erick memuji kedisiplinan, mental, dan motivasi tinggi para pemain untuk mencetak sejarah sehingga mampu bermain tanpa beban. Hal itu menjadi kunci timnas menaklukkan juara grup B ini.

"Di olahraga, ada yang namanya momentum. Dan saya lihat, sejak penyisihan grup, lalu di perempat final, momentum itu milik kita. Kini Timnas bisa melangkah ke semifinal, sangat logis jika target berikutnya final. Yang pasti, kami di PSSI, seluruh pemain dan ofisial, terus mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh rakyat dan pencinta sepakbola nasional. Saatnya meraih mimpi lebih tinggi," pungkas Erick.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//