Georgia Santai Debut di EURO, Sagnol: Tekanan Ada di Turki

istimewa

FAKTA.COM, Jakarta - Timnas Georgia akan menjalani debut di Piala Eropa saat melawan Turki pada laga perdana Grup F di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Selasa (18/6/2024) pukul 23.00 WIB.

Pelatih timnas Georgia, Willy Sagnol, merasa tidak gentar jelang laga malam nanti. Justru, kata Sagnol, Turki yang sebetulnya mengalami tekanan. Sebab, Turki adalah negara sudah tampil enam kali di Euro.

"Ini pertandingan pertama kami dan saya yakin tekanan mereka lebih besar dari kami," kata Sagnol, dilansir dari laman resmi UEFA.

Georgia menjadi satu-satunya tim debutan di Euro 2024. Tim dari Eropa Timur itu lolos melalui perjuangan babak play-off menyingkirkan juara EURO 2004, Yunani.

Tim berjuluk pasukan Jvarosnebi (tentara salib) itu juga merupakan negara dengan peringkat FIFA paling rendah di antara semua kontestan. Peringkat FIFA terakhir, Georgia berada di ranking 75 dunia.

Meski demikian, Willy Sagnol percaya diri Georgia bisa menunjukkan tajinya. Lebih lanjut, Sagnol mengatakan setelah memastikan lolos ke Euro 2024, ia dan timnya merasa seperti menjalani mimpi.

"Jika berbicara tentang kekuatan Turki, kami bisa berada di sini untuk waktu yang lama, karena mereka memiliki banyak pemain bagus dengan kemampuan teknis yang hebat. Ini akan menjadi tantangan besar bagi kami," kata legenda Bayern Muenchen dan Timnas Prancis itu.

Di EURO perdananya ini, Georgia bakal diperkuat beberapa nama yang sudah manggung di pentas Liga ternama Eropa. Sebut saja kiper Giorgi Mamardashvili (Valencia), gelandang Khvicha Kvaratskhelia (Napoli), striker Georges Mikautadze (Metz), bek Saba Andreyevich Sazonov (Torino), gelandang Giorgi Kochorashvili (Levante).

Sementara itu, Pelatih Timnas Turki, Vicenzo Montella, menegaskan timnya membidik kemenangan ketika menghadapi Timnas Georgia. Sebab, menang kontra Georgia akan memuluskan langkah mereka lolos ke babak selanjutnya.

"Kami tidak lolos babak penyisihan grup di dua turnamen terakhir kami, jadi kami benar-benar harus mulai mengambil poin dan memenangkan pertandingan dari awal," ungkap Montella.

Selain melawan Georgia dan Turki, Grup F juga diisi Portugal dan Republik Ceko yang akan saling berhadapan Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//