DPR Setujui Proses Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven

Oleh Afwan Abdul Basit - fakta.com
03 Juni 2024 18:24 WIB
Calvin Verdonk dan Sekjen PSSI Yunus Nusi saat menghadiri RDP di Gedung DPR, Senin (3/6/2024). Foto: PSSI

FAKTA.COM, Jakarta - Komisi III dan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyetujui proses naturalisasi calon pemain Tim Nasional Indonesia, Calvin Verdonk dan Jens Raven. Proses naturalisasi itu diajukan oleh PSSI melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beserta Kementerian Hukum dan HAM.

Calvin Verdonk merupakan pesepakbola yang bermain untuk klub N.E.C Nijmegen di Eredivise, Belanda. Adapun Jens Raven adalah pemain FC Dordrecht di Eerste Divisie, kasta kedua liga sepakbola di Belanda.

Verdonk dan Raven terlihat hadir pada agenda rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/6/2024), dengan mengenakan batik. Verdonk hadir langsung, sementara Raven hadir secara virtual dari Prancis. Dalam rapat itu, Raven didampingi pelatih Bima Sakti dan Indra Sjafri.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang menjadi pimpinan rapat Hetifah Sjaifudian.

Verdonk dan Raven terlihat hadir pada agenda rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/6/2024). Foto: PSSI. Verdonk dan Raven terlihat hadir pada agenda rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/6/2024). Foto: PSSI.

Nantinya, setelah sidang Komisi X dan Komisi III DPR, rekomendasi persetujuan ini akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR untuk diambil keputusan.

Setelah rapat paripurna, Verdonk dan Raven akan menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM, dan kemudian akan mengurus kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga guna mendapatkan paspor.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengatakan para pemain naturalisasi turut mendukung prestasi sepakbola Indonesia yang terus naik akhir-akhir ini.

Terakhir, timnas Indonesia U-23 mencatatkan sejarah ketika berhasil menempati posisi empat Piala Asia U-23 2024 di Qatar dan hampir lolos ke Olimpiade Paris 2024 sebelum dikalahkan Guinea U-23 pada babak playoff.

"Berubahnya prestasi sepak Indonesia ketika PSSI dan Komisi X memberikan dukungan untuk naturalisasi yaitu diraihnya raihan keempat sejarah di Piala Asia U-23 di Qatar. Kemudian hari ini dua pemain atas rekomendasi dari pelatih untuk dimohon persetujuan naturalisasi juga dalam rangka capaian prestasi timnas di hari-hari yang akan datang," kata Yunus.

Calvin Verdonk dan Sekjen PSSI Yunus Nusi saat menghadiri RDP di Gedung DPR, Senin (3/6/2024). Foto: PSSI Calvin Verdonk dan Sekjen PSSI Yunus Nusi saat menghadiri RDP di Gedung DPR, Senin (3/6/2024). Foto: PSSI

Yunus menambahkan, ia berharap proses naturalisasi Verdonk dan Raven segera rampung agar keduanya segera dapat memperkuat Merah Putih di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang terdekat akan melakoni dua lag penutup putaran kedua melawan Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 6 Juni dan 11 Juni.

"Hari ini kami, ada Calvin dan Jens Raven, izin bapak ibu sekalian. Kami sangat mengharapkan dua pemain ini dapat memperkuat timnas kita menjelang pra kualifikasi Piala Dunia di hari-hari yang akan datang," tambahnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//