Bungkam Filipina 2-0, Indonesia Lolos ke Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
11 Juni 2024 21:52 WIB
Thom Jan Haye (kanan) berselebrasi seusai mencetak gol ke gawang Filipina. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga/tom)

FAKTA.COM, Jakarta - Indonesia lolos ke babak 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah unggul 2-0 atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Skuad Garuda akan bergabung dengan 13 tim yang sudah memastikan diri tampil lolos ke babak tiga.

Ke-13 tim tersebut masing-masing Qatar, Jepang, Korea Selatan, Oman, Iran, Uzbekistan, Irak, Arab Saudi, Yordania, UEA, Australia, Bahrain, dan Palestina.

Nantinya, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dihuni 18 tim. Mereka terbagi dalam 3 grup yang masing-masing diisi 6 tim. Artinya, masih ada empat tiket yang harus direbutkan lagi.

Dua gol Timnas Indonesia masing-masimg dibukukan oleh Tom Haye melalui sepakan dari luar kotak penalti pada menit ke-31 dan bek Rizky Ridho menit ke-55.

Indonesia vs Filipina, Debut Calvin Verdonk Bersama Skuad Garuda

Indonesia mengambil inisiatif serangan sejak awal. Thom Haye melakukan gerakan cepat ke garis belakang pertahanan tim Filipina, untuk mengirim umpan silang yang disambar sepakan Ragnar Oratmangoen yang membentur pemain lawan.

Calvin Verdonk yang mendapat kesempatan menjadi pemain inti mencoba peruntungannya saat memiliki peluang. Dua kali dia melepaskan tembakan yang masih melambung di atas gawang Filipina.

Kemeriahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pecah pada menit ke-31. Kesalahan operan pemain Filipina di lini tengah membuat bola dapat dikuasai oleh Tom Haye.

Setelah menggiring bola sebentar, dia melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang bersarang ke sudut kiri atas gawang tim tamu.

Timnas Indonesia Siap Tampil Habis-habisan Lawan Filipina

Gol Haye membuat skuad Garuda kian bersemangat untuk menggandakan keunggulan. Namun hingga turun minum, skor tak berubah masih tetap 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Babak kedua, Indonesia masih berinisiatif memegang kendali serangan Hasilnya, bek timnas Indonesia Rizky Ridho menggandakan keunggulan Garuda 2-0 pada menit ke-55.

Ridho yang maju ke area kotak penalti Filipina, memanfaatkan situasi tendangan bebas yang diambil Nathan Tjoe-A-On setelah sebelumnya Ragnar Oratmangoen dilanggar.

Nathan yang mengambil tendangan bebas memberikan umpan yang tepat di kepala Ridho yang memenangi duel dengan bek Filipina untuk menaklukkan Kevin Mendoza kedua kalinya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//