Austria Juara Grup D EURO Ungguli Prancis dan Belanda

Pemain Austria merayakan kemenangan atas Belanda 3-2 dan lolos ke 16 besar EURO 2024 di Berlin, Jerman, Selasa (25/6/2024). Foto: UEFA.com

FAKTA.COM, Jakarta - Timnas Austria mengejutkan pecinta sepakbola setelah berhasil menjadi juara Grup D EURO 2024. Austria memimpin klasemen akhir setelah berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 3-2 di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman, Selasa (25/6/2024).

Unsere Burschen pun berhak lolos ke 16 besar Piala Eropa sebagai juara grup, unggul dari Prancis dan Belanda. Austria mengoleksi enam poin, sementara Prancis lima poin, dan Belanda empat poin.

Tim asuhan Ralf Rangnick bermain agresif sejak awal. Austria bahkan mampu membuka keunggulan lewat bunuh diri pemain Belanda, Donyell Malen, pada menit ke-6.

Tim Oranye kemudian menyamakan skor berkat gol Cody Gakpo di dua menit pertama babak kedua. Austria kembali unggul melalui Romano Schmid pada menit ke-59. Belanda membalas sekali lagi berkat Memphis Depay pada menit ke-75.

Marcel Sabitzer menjadi pahlawan kemenangan Austria setelah mencetak gol pada menit ke-80. Selain mencetak gol, pemain Borussia Dortmund itu juga didapuk sebagai pemain terbaik di laga tersebut.

Upaya Belanda yang berkali-kali menusuk ke jantung pertahanan Austria gagal berbuah gol hingga peluit akhir dibunyikan.

Sementara itu, Prancis mengakhiri fase grup di peringkat dua usai bermain imbang 1-1 lawan Polandia di Signal Iduna Park, Dortmund.

Gol kedua tim sama-sama lahir dari tendangan penalti. Prancis mendapat lebih dulu yang diambil Kylian Mbappe pada menit ke-56. Ini menjadi gol pertama Mbappe di EURO 2024.

Polandia kemudian membalasnya dengan penalti Robert Lewandowski di menit ke-79. Meski bisa mengimbangi Prancis, Polandia tetap menjadi juru kunci hanya Raihan satu poin.

Austria dan Prancis lolos dengan status juara dan runner up. Belanda ikut lolos ke fase gugur dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik.

Tim Oranye sudah pasti masuk fase gugur sebagai salah satu dari empat tim yang berada di peringkat ketiga klasemen terbaik. (ANT/UEFA)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//