Argentina Juara Copa America 2024, Raih Trofi ke-16 Lewati Uruguay

Timnas Argentina mengangkat trofi Copa America 2024 setelah mengalahkan Kolombia 1-0 pada laga final di Sun Life Stadium, Miami, AS, Senin (15/7/2024) pagi WIB. Foto: X.com/@conmebol

FAKTA.COM, Jakarta - Argentina resmi menjadi penguasa Amerika Latin setelah menjadi juara Copa America 2024.

La Albiceleste meraih trofi setelah mengalahkan Kolombia dengan skor 1-0 pada laga final di Sun Life Stadium, Miami, Amerika Serikat, Senin (15/7/2024) pagi WIB.

Raih Gelar Keempat EURO, Spanyol Raja 'Benua Biru'

Hasil ini membuat Argentina mengoleksi 16 trofi Copa America, sekaligus melewati rekor Uruguay yang mengoleki 15 trofi.

Selain itu Argentina berhasil mempertahankan trofi yang sebelumnya diraih pada 2022 dengan mengalahkan Brasil 1-0 di final.

Jalannya Pertandingan

Sebetulnya Kolombia bermain lebih agresif ketimbang Argentina di laga kali ini. Sejak menit awal babak pertama, Kolombia mampu mendominasi laga dan menciptakan sejumlah peluang.

Beberapa peluang bahkan mengarah ke gawang Argentina yang dijaga Emi Martinez. Sayang, berbagai peluang yang dihasilkan tidak mampu menghasilkan gol.

Salah satunya peluang emas Jhon Cordoba. Cordoba mendapat umpan dari Santiago Arias dan melepaskan tembakan mengarah ke gawang Martinez, tapi bola masih membentur tiang gawang.

Argentina pun bukan tanpa perlawanan. Berkali-kali Lionel Messi dkk. juga menciptakan kesempatan. Sayangnya, serangan Tim Tango selalu mentah dihadang pertahanan Kolombia yang sangat apik.

Skor 0-0 mengakhiri babak pertama pertandingan.

Bukannya menghadirkan gol, Albiceleste malah kehilangan Messi. La Pulga mesti menepi dan diganti Nicolas Gonzales pada menit ke-66.

Ia diganti lantaran mengalami cedera lanjuta setelah mengalami insiden tabrakan dengan Santiago Arias dekat kotak penalti Kolombia pada menit ke-36.

Sebetulnya, Kolombia mendominasi laga. Bahkan, 56 persen penguasaan bola berada di kaki para pemain Kolombia.

Selain itu, serangan juga lebih banyak dilakukan Kolombia. Total, ada 19 tembakan yang dilepaskan James Rodriguez dkk. ke gawang Martinez. Sialnya, hanya ada empat tendangan yang mengarah ke gawang dan itupun tak berbuah gol.

Argentina juga bukan tanpa serangan berarti. Total mereka melepaskan bola sebanyak 11 kali, dengan 6 tembakan di antaranya mengarah ke gawang Kolombia.

Namun, gol baru tercipta pada 112, atau ketika perpanjangan waktu. Melalui skema serangan cepat dari lapangan tengah, umpan terobosan Lo Celso tak disia-siakan Lautaro Martinez untuk mengoyak gawang Kolombia.

Gol ini pun bertahan hingga perpanjangan waktu selesai dan wasit meniup peluit tanda laga berakhir.

Seluruh anggota tim dan staf pelatih pun berlarian ke lapangan untuk merayakan pencapaian emas kali ini. Termasuk, Lionel Messi yang sudah berada di pinggir lapangan sejak diganti di babak kedua waktu normal.

Sejak menit akhir perpanjangan waktu, sang megabintang sudah senyum Bahagia karena akan mengangkat lagi trofi Copa America untuk kedua kalinya. Setidaknya, bagi Messi gelar ini penting sebelum pensiun dari timnas Argentina.

Sementara itu, Kolombia gagal menambah koleksi Copa America yang hingga kini baru sekali meraihnya pada 2001. Meski demikian, mereka mendapat hiburan dengan dipilihnya James Rodriguez sebagai pemain terbaik Copa America 2024.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//