Tinjau RPH Taylor Preston, Wapres Pastikan Daging Sapi dari Selandia Baru Halal

Wapres Ma'ruf Amin saat meninjau RPH Taylor Preston (YouTube Wakil Presiden RI)

FAKTA.COM, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Selandia Baru. Di sana, Ma'ruf meninjau rumah potong hewan (RPH) berstandar halal milik perusahaan Taylor Preston di Wellington.

Dalam video yang dirilis Sekretariat Wakil Presiden, Ma'ruf tampak melihat langsung pemotongan hewan di rumah potong tersebut.

"Saya baru melihat tentang penyembelihan sapi dan kambing halal di perusahaan Taylor Preston yang salah satu produknya diekspor ke Indonesia," kata Ma'ruf seperti dikutip dari video, Kamis (29/2/2024) .

Sah, Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan Bintang 4

Ma'ruf juga mengatakan, pemotongan hewan di tempat itu hanya khusus untuk sapi dan domba.

"Saya melihat bahwa ini murni tidak bercampur. Dan mereka menggunakan pemingsanan melalui dagu, jadi tidak di jidat sini, tapi di sini (dagu), menurut informasinya memang tidak sampai mematikan," ujar Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, sekitar 16 persen daging yang dihasilkan rumah potong hewan Taylor Preston tersebut diekspor ke Indonesia.

Lebih lanjut Ma'ruf mengatakan, daging sapi dan domba menjadi komoditas yang penting untuk meningkatkan neraca dagang antara Indonesia dan Selandia Baru.

DKPP Gelar Sidang Etik Kebocoran Data DPT Pemilu 2024

"Selain sapi itu juga keju, susu, (diekspor) dari sini ya, dan (yang diekspor) dari kita rempah-rempah dan produk-produk kita, jadi memang timbal baliknya," kata Ma'ruf.

Meski sudah memastikan proses halal dalam penyembelihan sapi di Selandia Baru,  Ma'ruf menegaskan Indonesia tetap berupaya agar pemenuhan komoditas daging tidak semata mengandalkan impor dari negara lain.

“Saya kira kita swasembada lah,” jawab Wapres ketika ditanya tentang apa yang mungkin dapat diduplikasi dari Selandia Baru.

“Kita harapkan ke depan kita kurangi impor daging sapi. Kita kan punya wilayah-wilayah yang cukup besar di Sulawesi, Kalimantan, di NTT (Nusa Tenggara Timur), ada padang-padang rumput yang luas,” tambahnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//