Simak Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Tahun Baru 2024

Gerbang Tol Jasa Marga. (Dok. Jasa Marga)

FAKTA.COM, Jakarta - Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Korlantas Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa contraflow dan one way di sejumlah ruas jalan tol.

Rekayasa lalin dengan sistem lawan arus dan one way akan diterapkan di sejumlah ruas jalan tol guna mengurangi volume kendaraan yang padat selama arus balik libur Nataru.

Dilansir dari Instagram resmi @ntmc_polri (30/12/2023), penerapan sistem contraflow dan one way akan dilakukan sejak arus balik tahun baru yang dimulai pada hari Senin, 1 Januari 2024.

Jakarta Diprediksi Kedatangan 200 Ribu Penumpang Baru via KA Usai Nataru

Meskipun demikian, penerapan sistem ini bersifat situasional dan dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi lapangan, serta diskresi kepolisian.

Pihak kepolisian menghimbau agar para pengendara berkendara dengan hati-hati dan mematuhi petunjuk petugas di lapangan selama penerapan rekayasa lalin arus balik tahun baru. Rencananya, Korlantas akan menerapkan rekayasa lalin pada pukul 14.00-24.00 WIB, baik satu arah maupun dua arah, di beberapa titik lokasi.

"Rencana Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Tahun Baru Tanggal 1 Januari 2024 Pukul 14.00 - 24.00 WIB," tulis keterangan akun Instagram @ntmc_polri.

Operasi Lilin 2023 NTMC Polri Operasi Lilin 2023 NTMC Polri

Berikut ini lokasi-lokasi penerapan rekayasa lalin saat arus balik Nataru: 

1. Kendaraan dari GT Kalikangkung yang akan menuju Jakarta dilakukan rekayasa lalu lintas One Way dari KM 188 GT Palimanan Utama s/d Km 72 Cikampek Utama.

2. Contraflow 2 lajur dari KM 72 s/d KM 47.

3. Dari KM 47 s/d KM 36 dilakukan Contraflow 1 lajur.

4. Kendaraan dari Bandung ke arah Cirebon dan Jateng melewati Tol Cisumdawu akan dikeluarkan di Exit ujung Jaya-Majalengka-Cirebon Palimanan 3.

5. Kendaraan dari Jakarta yang akan menuju ke Cirebon dan Jateng melewati Tol Jakarta Cikampek akan keluar di Gate Cikopo KM 72 melewati Purwakarta jalan arteri dan bisa masuk kembali ke Jalur Tol melalui Gate Palimanan 3 atau Plumbon. (ILM)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//