Sidang Isbat Digelar Hari Ini, Jadi Kapan Lebaran 2024?

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin. (Dokumen Kemenag)

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat hari ini, Selasa (9/4/2024). Sidang ini akan menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah.

Dikutip dari Kementerian Agama, Selasa (9/4/2024), Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan biasanya sidang isbat dilaksanakan pada 29 Ramadan dan tahun ini jatuh pada 9 April 2024.

4 Fakta Menarik Sidang Isbat

Sidang ini akan diawali dengan seminar pemaparan posisi hilal oleh tim hisab rukyat Kemenag. Menurut data hisab. ijtimak terjadi pada Selasa 9 April 2024 pukul 01.20 WIB.

Ketika matahari terbenam, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia ada di atas ufuk, antara 4° 52.71' dan 7° 37.84' serta sudut elongasi 8° 23.68' - 10° 12.94'.

Kamaruddin mengatakan menurut kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), posisi hilal telah memenuhi kriteria visibilitas hilal, yaitu tinggi 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

Nah, tahun ini, Kemenag akan menurunkan tim ke 120 lokasi se-Indonesia. Nantinya, tim ini akan melaporkan apakah hilal terlihat atau tidak.

Sidang Isbat 1 Syawal Akan Digelar pada 9 April 2024

Kemudian, hasil hisab dan rukyatulhilal akan dibahas dan ditetapkan dalam sidang isbat. Hasil ini akan diumumkan dalam konferensi pers.

"Jadi, kapan hari raya Idulfitri, kami masih akan menunggu keputusan sidang isbat," kata dia di Jakarta.

Sekadar informasi, sidang isbat akan digelar di Auditorium HM, Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta. Sidang ini akan dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara-negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan tim hisab rukyat Kemenag.

Nantinya, sidang isbat akan disiarkan langsung melalui saluran Youtube Dirjen Bimas Kemenag pada pukul 17.00 WIB.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//