Sah, Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan Bintang 4

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
28 Februari 2024 11:30 WIB
Presiden Jokowi saat menganugerahkan pangkat istimewa kepada Prabowo. (YouTube Kemhan RI)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan pangkat istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Menurut Jokowi, penganugerahan tersebut merupakan bentuk penghargaan terhadap Prabowo yang dinilai telah berjasa dan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa terutama bidang pertahanan dan keamanan.

“Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jelang Ramadan, Jokowi Perintahkan Jajarannya Fokus Masalah Pangan

Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kenaikan pangkat istimewa tersebut. “Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” kata Jokowi kepada Prabowo.

Dalam Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur tersebut, Jokowi selanjutnya melepaskan tanda pangkat jenderal bintang tiga di pundak Prabowo.

Selanjutnya, Jokowi menyematkan tanda pangkat jenderal bintang empat kepada Prabowo, sekaligus menyerahkan keputusan presiden (keppres) yang menjadi dasar kenaikan pangkat istimewa itu.

Prabowo menerima kenaikan pangkat istimewa berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13/TNI/Tahun 2024 yang diteken oleh Presiden Jokowi pada 21 Februari 2024.

Prediksi Peta Kursi Partai di Rumah Wakil Rakyat versi Poltracking

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Pertahanan Dahnil Anzar mengatakan, penyematan pangkat jenderal kehormatan kepada Prabowo merupakan usulan dari Mabes TNI.

Menurut Dahnil, kenaikan pangkat istimewa tersebut diberikan karena kontribusi Prabowo untuk kemajuan TNI dan pertahanan Indonesia.

“Pemberian jenderal penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo selama ini di dunia militer dan pertahanan,” kata Dahnil, dalam keterangannya, Selasa (27/2/2024).

Penyematan Jenderal Kehormatan bukanlah hal baru. Sebelumnya, penghargaan serupa pernah diperoleh sejumlah tokoh militer.

Dikutip dari laman meteri laman resmi Akademi Militer (Akmil), tokoh militer yang menerima pangkat istimewa tersebut adalah:

1. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Hari Sabarno

2. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soerjadi Soedirdja

3. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Soedarman

4. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan

5. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Bambang Yudhoyono

6. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono

7. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Agum Gumelar

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//