Ribuan Aparat Dikerahkan dan Rute Transjakarta Dialihkan Jelang Putusan MKMK

Ribuan aparat dikerahkan dan beberapa koridor Transjakarta dialihkan menjelang putusan MKMK. (Dok: Transjakarta)

FAKTA.COM, Jakarta - Polda Metro Jaya mengerahkan 2.149 personel gabungan untuk mengamankan agenda pembacaan putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) pada perkara putusan 90 tentang syarat usia calon presiden dan wakil calon presiden yang akan dibacakan Selasa 7 November 2023, pukul 16,00 WIB.

“Untuk pengamanan ada 2.149 personel gabungan yang kami kerahkan,” ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombers Trunoyudo Wisno Andiko lewat keterangan yang diterima Fakta.com.

Pihak Polda Metro Jaya pun mengerahkan pasukan Ditlantas guna melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Gedung MK. Namun, rekayasa akan dilakukan secara situasional tergantung kondisi lapangan yang juga aka berdampak pada operasional Transjakarta.

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan di arah Harmoni menuju Jalan Majapahit yang dialihkanke Jalan Juanda dan Suryopranoto. Selain itu, arah Bundaran Hotel Indonesia menuju Harmoni dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Prabowo dan Puja-puji Tipis Jokowi

Sementara itu dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke jalan Medan Merdeka Selatan. Sedangkan dari arah Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan.

Untuk rute Transjakarta, pengalihan dilakukan pihak pengelola PT Transportasi Jakarta untuk menyesuaikan layanan. Setidaknya tiga koridor akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan di kawasan MK, yaitu; Koridor 1 jurusan Blok M-Kota, Koridor 1A jurusan Balaikota-Pantai aju dan Koridor 3 jurusan Kalideres-Monas.

Khusus untuk untuk layanan rute non BRT jurusan Juanda-Bundaran HI Astra via Pasar Baru akan ditutup.

“Kami akan seara berkala memberikan informasi penyesuaian layanan kepada pelanggan demi kenyamanan,” kata Wibowo lewat keterangan tertulis.

Putusan MKMK Hari Ini, Mahfud Percaya Rekam Jejak Jimly

Sebelumnya pascaputusan MK 90, Walikota Surakarta, Gibran Rakabumi Raka yang merupakan anak Presiden RI Joko Widodo pun akhirnya maju menjadi Cawapres. Gibran yang merupakan pasangan Capres Prabowo Subianto telah resmi mendaftar ke KPU sebagai peserta Pilpres 2024 pada Rabu (25/10/2023).

Elemen masyarakat melakukan gugatan dan meminta agar MKMK melakukan sidang etik terhadap Ketua MK, Anwar Usman yang diduga memiliki konflik kepentingan keluarga dengan Gibran sehingga meloloskan uji materi UU Pemilu. Hari ini Ketua MKMK, Jimly Asshiddiqie mengatakan ia akan membacakan hasil putusan pukul 16.00 WIB dan menjadi penentu nasib Paman-nya Gibran, Anwar Usman.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//