Puncak Arus Libur Natal dan Tahun Baru, Japek dan Merak Padat

Pemantauan kepadatan penumpang di Pelabuhan Merak. (Dokumen Kemenhub)

FAKTA.COM, Jakarta - Arus kendaraan di jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mencapai puncak kepadatannya pada hari ini (Sabtu, 23/12/2023). Kepadatan arus dampak libur Natal dan Tahun baru di wilayah ini sudah terjadi sejak pukul 06:00 WIB dengan catatan 7.000 kendaraan yang melintas.

Dalam pantauan Menko PMK, Muhadjir Effendy, kondisi tersebut masih terkendali. Namun pihak Korlantas Polri telah menerapkan rekayasa lalu lintas melalui contraflow untuk mengurasi kepadatan.

Rekayasa lalu lintas melalui contraflow 2 lajur. Pihak Korlantas memperpanjang contraflow yang semula dari Km. 47 menjadi dari Km. 36.

"Tol Jakarta-Cikampek menuju Jawa Barat terutama ke daerah Gadog, Puncak Bogor masih terpantau normal namun harus tetap diwaspadai," ujar Muhadjir.

Tempat Wisata Ini Cocok Banget untuk Libur Natal dan Tahun Baru

Selain di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Muhadjir dan Budi juga turut memantau arus lalu lintas kawasan Merak dan Bakauheni. "Baik melalui data, maupun melalui pantauan udara, kondisi kepadatan lalu lintas di kawasan Merak dan Bakauheni masih terkendali," kata Budi.

Budi juga mengungkapkan, volume to capacity ratio (V/C Ratio) atau perbandingan antara jumlah penumpang dan kendaraan dengan kapasitas pelabuhan, masih dalam batas wajar dan terkendali yaitu maksimal di angka 0,7.

"Sekarang ini di daerah Banten, V/C Ratio-nya masih di 0,4. Jadi masih lumayan aman. Sementara, di Bakauheni baru 0,3," ujar Menhub.

Catat, Ini Jadwal Libur Natal dan Tahun Baru

Sejumlah langkah dan kebijakan dilakukan agar penumpang dan kendaraan di area sekitar pelabuhan tetap bisa terkendali. Di antaranya adalah dengan pembatasan pembelian tiket pada radius 4,71 km dari titik tengah pelabuhan Merak dan 4,24 km dari titik tengah Pelabuhan Bakauheni.

Selain itu juga pemberlakuan pembatasan operasional angkutan barang pada sejumlah ruas tol dan sejumlah area Pelabuhan Merak di tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//