Profil Habib Hasan bin Ja'far Assegaf, Ulama yang Meninggal dengan Tersenyum

Habib Hasan bin Ja'far Assegaf. (Tangkap layar akun Instagram @hassan_jafar_umar_assegaf)

FAKTA.COM, Jakarta - Habib Hasan bin Ja'far Assegaf meninggal dunia pada usia 47 tahun. Habib Hasan dimakamkan pada hari ini, Kamis (14/4/2024).

Mengutip dari laman Instagram Syakir Daulay, @syakirdaulay, sang ulama meninggal dunia setelah salat Dhuha. Disebutkan bahwa Habib Hasan meninggal dalam keadaan tersenyum dan berseri-seri.

Meninggal dalam keadaan tersenyum, berseri seri, dan wangi, selepas mandi dan sholat dhuha. Terima kasih ya Rabb telah mengizinkan diri yang hina ini disamping beliau saat beliau menghembuskan nafas terakhir dan berpulang keharibaan-Mu,” tulis Syakir Daulay.

Innalillahi, Habib Hasan bin Jafar Assegaf Meninggal Dunia

Habib Hasan merupakan cucu Al-Habib Husein bin Abdullah bin Mukhsin Al-Atthas. Sang pemuka agama lahir di Kramat Empang, Bogor, Jawa Barat pada 26 Februari 1977, dikutip dari laman Majelis Taklim Nurul Musthofa.

Pada masa kecil, Habib Hasan mengaji kepada Syaikh Usman Baraja dan belajar bahasa Arab kepada Syaih Abdul Qodir Ba'salamah. Beliau juga belajar ilmu nahwu dan shorof kepada Syaikh Ahmad Bafadhol.

Habib Hasan bersekolah di Pesantren Darul Hadist dan Darut Tauhid di Malang, Jawa Timur. Beliau juga diketahui sempat berkuliah di IAIN Sunan Ampel, Malang.

Setelah mengenyam pendidikan di Malang, sang habib bertolak ke Jakarta untuk belajar agama kepada para alim ulama. Habib Hasan memulai dakwahnya di Jakarta pada 1998. Lalu, pada tahun 2000, beliau mendirikan Majelis Taklim Nurul Musthofa.

Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia

Perjalanan dakwah Habib Hasan tidaklah selancar jalan tol. Ketika majelis taklim belum lama berdiri, ulama ini difitnah telah mendirikan majelis bid'ah, majelis syirik. Bahkan, suatu hari beliau mendapati ranjangnya penuh kalajengking saat bangun tidur.

Habib Hasan pun pernah tidak bisa menggerakkan kakinya selama sebulan. Saat sakit, majelis taklim diserahkan kepada sang adik, Habib Abdullah.

Sang ulama sempat terlintas ingin meninggalkan kegiatan pengajian, tetapi tidak jadi karena tidak mendapatkan izin dari alim ulama.

Diketahui Habib Hasan menikah dengan salah satu cucu putri keturunan Rasulullah SAW, yaitu Syarifah Muznah binti Ahmad Al Haddad.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//