Prabowo Yakin Program Makan Siang Gratis Bisa Terwujud

Prabowo Subianto. (Foto: Tangkapan layar YouTube Bloomber TV)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyinggung program prioritas pada masa pemerintahannya dalam acara Qatar Economic Forum di Doha Qatar.

Prabowo mengaku yakin APBN mampu membiayai program prioritasnya seperti makan siang dan susu gratis untuk pelajar, serta perbaikan gizi untuk ibu hamil dan anak-anak.

Dia juga optimistis mampu menjaga defisit anggaran tak lebih dari 3 persen saat mengalokasikan anggaran untuk program-program prioritas tersebut.

"Kami telah mempelajari ini. Kami sudah mempelajari semua angkanya dan kami sangat yakin bisa mewujudkan itu," kata Prabowo dalam dialognya dengan wartawan senior Haslinda Amin, seperti dikutip dari YouTube Bloomberg TV, Rabu (15/5/2024).

Hadiri Qatar Economic Forum, Prabowo Bahas Pembangunan Negara

Menurut Prabowo, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang tingkat rasio utang terhadap PDB-nya rendah. Menteri Pertahanan itu juga menyebut Indonesia adalah negara yang mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam mengelola fiskalnya.

“Ya tiga persen, tetapi angka tiga persen itu juga sesuatu yang arbitrer. Tidak banyak negara yang menetapkan batas itu, tetapi Indonesia negara yang punya tradisi untuk selalu berhati-hati dalam mengelola fiskalnya," kata Prabowo.

Lebih lanjut Prabowo mengatakan, ada beberapa strategi untuk mengelola anggaran sehingga dapat digunakan dengan maksimal. Termasuk membiayai program makan siang dan susu gratis.

Badan Zakat Siap Dukung Program Makan Siang Gratis Prabowo

“Kami menghitung itu, dan ada metode untuk refocusing dan mengurangi anggaran untuk program yang tidak esensial. Ini adalah soal efisiensi, tata kelola yang baik, pengaturan dan manajemen yang baik,” kata Prabowo.

Dia juga mengatakan, pemerintahan saat ini telah menerapkan digitalisasi dan komputerisasi dalam berbagai layanan pemerintahan, termasuk pengadaan.

Prabowo bertekad melanjutkan itu karena digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi, serta menekan kebocoran anggaran.

“Kami dapat menghemat banyak uang dengan memangkas yang tak perlu, dan ini akan berkontribusi pada pertumbuhan, ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Jadi, ya kami sangat percaya diri,” kata Prabowo.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//