Prabowo Sebut Indonesia Bakal Punya Kapal Fregat Terbesar: KRI Merah Putih

Menhan tinjau pembangunan Fregat di PT PAL. (Dok Kemhan)

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sempat meninjau pembangunan alat utama sistem persenjataan (Alutsista), Kapal Fregate KRI Merah Putih di PT PAL, Surabaya, Selasa (23/1/2024) lalu. Kapal perang ini 100% buatan anak bangsa.

Prabowo mengaku bangga dengan upaya PT PAL yang mampu membuat fregat berteknologi tinggi. Dia mengklaim bahwa KRI Merah Putih adalah kapal perang terbesar di Indonesia.

"Terima kasih atas dedikasi, prestasi, dan kapasitas saudara-saudara. Ini sangat membanggakan. Berarti kita membuat sejarah kapal perang terbesar dan 100 persen dibuat oleh putra putri Indonesia. Selamat bekerja dan lanjutkan tugas,” tutur Prabowo dalam keterangannya, dikutip Kamis (25/1/2024).

Kemhan Rampungkan Kontrak Pengadaan 42 Pesawat Tempur Rafale

Dirinya memuji kemajuan dan perkembangan dalam program pembangunan kapal di PT PAL Indonesia. Kini, imbuhnya, Indonesia telah mampu membangun kapal perang Fregate terbesar tanpa bantuan teknis dari negara asing.

“Indonesia akan mempunyai kekuatan maritim yang diperhitungkan,” paparnya.

Selain itu, Menhan Prabowo menekankan akan terus meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia, terutama pertahanan laut. Caranya ada dua, yaitu memperbaiki yang ada serta membeli alutsista baru.

“Kita harus punya kekuatan angkatan laut yang kuat untuk menjaga perairan kita, kedaulatan kita. Saya akan berjuang terus untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Laut. Beli alat-alat baru, tetapi juga memperbaiki alat-alat yang ada," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, eks Danjen Kopassus ini juga berkesempatan melihat perkembangan perbaikan 41 KRI. Hingga saat ini perkembangannya mencapai 40%.

"Kita sudah memperbaiki 41 kapal perang, progress-nya cukup bagus, tadi laporannya 40 persen. Jadi lumayan. Ini sesuatu yang membanggakan,” ujarnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//