Polri Usulkan Jenderal Hoegeng jadi Pahlawan Nasional

Jenderal Hoegeng Imam Santoso. (Dok. ACLC KPK)

FAKTA.COM, Jakarta - Kapolri ke-5 Jenderal (Purn), Hoegeng Iman Santoso telah diajukan untuk diangkat sebagai pahlawan nasional. Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, usulan itu sudah ia sampaikan kepada pemerintah.

"Saat ini Polri telah mengajukan nama Jenderal Purnawirawan Hoegeng Iman Santoso untuk diangugerahkan sebagai pahlawan nasional," ujar Listyo dalam Rilis Akhir Tahun Polri 2023 di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).

Langkah Polri untuk mengistimewakan sosok Jenderal Hoegeng bukan hanya sebatas itu. Sebab, pada pertengahan November 2023 lalu, sosok pria kelahiran 14 Oktober 1921 itu dibuatkan sebuah patung di daerah Pekalongan, Jawa Tengah.

Adapun tujuan Polri membangun patung tersebut agar para anggota bisa meneledani sifat yang dimiliki Jenderal Hoegeng.

Propam Polri Siapkan Sanksi PTDH Demi Jaga Netralitas

Tak hanya itu, Korps Bhayangkara juga telah menghelat Hoegeng Awards. Terkini, acara penganugerahan itu sudah berlangsung yang kedua kalinya.

"Pergelaran Hoegeng Awards 2023, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada personel Polri yang telah bekerja melebihi panggilan tugasnya," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, nama Hoegeng memang harum di kalangan masyarakat Indonesia. Dirinya dikenal dengan pribadi yang jujur dan berani.

Salah satu testimoni yang sering terdengar yaitu Presiden ke-3 RI Abdurrahman Wahid. Pria yang karib disapa Gus Dur itu sempat mengungkapka bahwa hanya ada 3 polisi jujur di negara ini, polisi tidur, patung polisi, dan Hoegeng.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//