Polri dan Kemenhub Imbau Masyarakat Mudik Tidak Pakai Sepeda Motor

Dokumentasi TMC Polda Metro Jaya

FAKTA.COM, Jakarta - Polri mengimbau masyarakat untuk tidak mudik Lebaran 2024 menggunakan sepeda motor. Imbauan dikeluarkan Polri untuk meminimalisasi kecelakaan saat mudik menggunakan sepeda motor.

"Ini untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dan agar mudik lebaran dan arus balik dapat berjalan dengan lancar dan aman," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Trunoyudo meminta masyarakat memanfaatkan program mudik gratis. Apalagi, Polri juga membuka program mudik gratis dengan menyediakan 400 bus.

Mudik Gratis DKI Jakarta 2024 Dibuka: Link, Syarat, dan Cara Mendaftar

"Polri mengajak masyarakat bagi yang akan melakukan mudik terutama yang menggunakan roda dua agar mendaftar mudik gratis Polri," katanya.

Meski demikian, polisi tidak melarang masyarakat yang tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor. Polri hanya bisa memberikan imbauan agar tetap memperhatikan sejumlah hal terkait keselamatan.

"Cek kondisi fisik dan kendafaan yang akan digunakan hingga menyiapkan perlengkapan pendukung dalam menggunakan kendaraan roda dua," ungkapnya.

Imbauan untuk tidak mudik dengan sepeda motor juga dikeluarkan Kementerian Perhubungan. Alasannya pun kurang lebih sama, demi memperkecil risiko kecelakaan lalu lintas.

Kemenhub: Pemudik Lebaran 2024 Diprediksi 193,6 Juta Orang

Karenanya, Kemenhub menyediakan 30.088 kuota mudik gratis. Kuota itu terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik melalui moda transportasi darat. Masyarakat yang jika dinyatakan lulus setelah mendaftar melalui MitraDarat akan diangkut menggunakan 722 bus.

Pemberangkatan arus mudik rencananya dilakukan pada 6-7 April 2024. Kemenhub mencatat kota tujuan mudik ini sebanyak 33 kota yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, serta wilayah Sumatera.

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Diperkirakan 5 April

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//