Pesan Paus Fransiskus saat Misa: Jangan Lelah Bagun Perdamaian & Persaudaraan di Nusantara

Paus Fransiskus saat membacakan homili dalam Misa Akbar Suci di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (5/9/2024). Foto: Tangkapan layar akun Youtube Komsos KWI.

FAKTA.COM, Jakarta - Puluhan ribu jemaat menghadiri misa Misa Suci Akbar bersama Paus Fransiskus di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (5/9/2024). Antusiasme umat Katolik Indonesia itu pun membuat daerah sekitar Senayan penuh, dan SUBGK bergemuruh.

Dalam misa akbar itu, Paus Fransiskus memberi pesan syahdu kepada hadirin. Dalam homili yang disampaikannya, Paus berpesan kepada umat Katolik Indonesia, salah satunya, agar tidak menyerah.

Pria Gondrong-Brewok Hadir di Misa Paus, Host: Ada Tuhan Yesus

Utamanya, dalam pesan Paus, umat Katolik tidak menyerah untuk membangun masyarakat yang lebih adil, peradaban perdamaian, dan persaudaraan di Nusantara.

"Saudara dan saudari, saya hendak berkata kepada Anda, kepada bangsa ini, kepada nusantara yang mengagumkan dan beranekaragam ini: janganlah lelah berlayar dan menebarkan jalamu, janganlah lelah bermimpi dan membangun lagi sebuah peradaban perdamaian. Beranilah selalu untuk mengimpikan persaudaraan," kata Paus Fransiskus.

Profil Paus Fransiskus, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik yang Reformis

Paus juga berpesan agar umat untuk membangun masyarakat yang lebih adil dan melangkah maju di jalan perdamaian dan dialog yang telah lama dipetakan di Indonesia.

"Kita kadang-kadang merasa tidak mampu, merasakan beratnya komitmen yang begitu besar yang tidak selalu membuahkan hasil yang diharapkan, atau kesalahan-kesalahan kita yang tampaknya menghambat perjalanan hidup kita," ucapnya.

Paus Fransiskus Sapa Warga di Masjid Istiqlal

Sebelum memimpin Misa Akbar Suci, Paus Fransiskus disambut Presiden Jokowi Bersama Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. Seperti biasa, Paus menumpangi mobil Kijang Innova sebagaimana sehari-harinya dalam kunjungannya di Indonesia.

Tak mau kalah, Jokowi pun datang ke Gelora Bung Karno menaiki mobil serupa. Bedanya, Jokowi naik Innova Zenix warna hitam. Jokowi sebelumnya juga terlihat memakai Innova Zenix dengan pelat nomor RI 1 saat ke Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (4/9).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//