Pernyataan Sikap Jokowi soal Konflik Palestina dan Israel

Presiden Joko Widodo. (Dokumen Setkab)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menyatakan sikapnya atas konflik antara Palestina dan Israel. Jokowi menyerukan penghentian tindak kekerasan dalam konflik kedua negara untuk menghindari dampak kemanusiaan yang lebih besar.

"Indonesia mendesak agar perang dan tindakan kekerasan segera dihentikan untuk menghindari semakin bertambahnya korban manusia dan hancurnya harta benda," ujar Presiden dalam pernyataannya, dikutip Setkab.go.id, Selasa (10/10/2023).

Presiden pun mendorong agar akar konflik antara Palestina dan Israel tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. "Akar konflik tersebut yaitu pendudukan wilayah Palestina oleh Israel, harus segera diselesaikan sesuai dengan parameter yang sudah disepakati PBB," ujarnya.

Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan bagi Rakyat Palestina

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan bahwa dirinya telah memerintahkan jajaran terkait mengambil tindakan cepat untuk melindungi WNI yang berada di wilayah konflik.

"Saya minta Menteri Luar Negeri dan jajaran kementerian terkait segera mengambil tindakan cepat untuk melindungi WNI yang berada di wilayah konflik," kata Jokowi menambahkan.

Sebelumnya, Kemlu mengimbau WNI yang masih berada di Palestina maupun Israel agar segera meninggalkan kedua wilayah. Selain itu, masyarakat juga diminta membatalkan rencana kunjungan ke kedua negara demi mempertimbangkan keselamatan jiwa.

Demi Keselamatan, Pemerintah Imbau WNI Tinggalkan Palestina Maupun Israel

Imbauan yang sama juga diumumkan Kedutaan Besar RI (KBRI) Amman. Sedikitnya terdapat lima pesan yang disampaikan kedutaan besar untuk menjamin keselamatan warga Indonesia di wilayah konflik, khususnya di Gaza dan Tepi Barat.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//