Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto usai pemakaman Doni Monardo di TMP Kalibata, Jakarta. (Fakta.com/Riezky Maulana)

FAKTA.COM, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengaku setuju nama eks Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo diajukan sebagai pahlawan nasional. Menurut Agus, semuanya akan diurus oleh Asisten Personel Panglima TNI Marsda Arif Widianto.

Agus berjanji akan menjelaskan lebih detail bila pengusulan tersebut sudah tetap.

"Nanti ada kriteria, nanti diatur oleh bidang personel dan nanti akan kita jelaskan kalau sudah final ya," tutur Agus di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

Jasa Abadi Melawan Pandemi, Selamat Jalan Jenderal Doni

Agus juga tak menutup kemungkinan jika nantinya Doni Monardo diabadikan sebagai nama tempat di Markas Besar TNI atau markas-markas lain. Sebagai contoh, sosok mantan Kabinda Papua Mayjen (Anumerta) i Gusti Putu Danny yang dijadikan nama lapangan tembak di Mako Kopassus.

"Beberapa gedung di Mako Kopassus dsri pahlawan-pahlawan yang pernah berjuang bagi nusa bangsa. Kemarin kan adik kita ya Putu Danny, Mayjen Anumerta itu lapangan tembak, almarhum kan senang nembak," jelasnya.

Di kesempatan terpisah, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menganggap Doni Monardo layak diusulkan sebagai pahlawan nasional. Hal itu lantaran mantan Danjen Kopassus itu memiliki jasa besar dalam penanganan Covid-19.

Eks Kepala BNPB dan Danjen Kopassus Doni Monardo Tutup Usia

"Layak jadi pahlawan nasional, pak Doni sangat rendah hati. Dedikasinya bisa dirasakan," kata Tri Rismaharini.

Diketahui, Doni Monardo menghembuskan nafas terakhirnya di RS Siloam Jakarta Selatan pada Pukul 17.32 WIB Minggu (3/12/2023). Doni meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif sejak 17 September 2023 lalu.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//