Menantu Luhut, Maruli Simanjuntak Resmi Menjadi KASAD

Maruli Simanjuntak (kiri) resmi menjadi KASAD TNI. (Dokumentasi: TNI AD)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) baru pengganti Jenderal Agus Subuyanto di Istana Negara hari ini, Rabu (29/11/2023). Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) Maruli santer digadang-gadang menggantikan posisi Jenderal Agus Subiyanto sebagai orang nomor satu di TNI AD.

"Saya akan bertanya kepada saudara, Bersediakah saudara untuk diambil sumpah," ujar Jokowi pperihal kesediaan Maruli mengucapkan sumpah jabatan.

"Bersedia," jawab Maruli lalu mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

"Demi Tuhan saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Maruli yang mengulangi sumpah dari ucapan Presiden Jokowi.

Lantik KASAD Siang Ini, Apakah Jokowi Pilih Maruli?

Maruli pun naik pangkat dari Letnan Jenderal bintang tiga menjadi Jenderal bintang emppat.

Maruli lahir di Bandung, 27 Februari 1970 kini menjabat sebagai Pangkostrad sejak awal 2022 dengan karier kemiliteran yang moncer. Ia merupakan lulusan Akmil 1992 dengan spesialisasi dan pengalaman panjang di infanteri.

Maruli adalah seorang baret merah dan Datesemen Tempur Cakra serta pernah mendapatkan penghargaan sebagai Danrem terbaik saat menjabat Danrem 074/Warastratama Surakarta di 2016. Ia pun pernah menjabat sebagai Wakil Danpaspampres 2018-2020.

Selain itu Maruli merupakan menantu Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Menurut Maruli, dirinya hanya melaksanakan kerja terbaik selama aktif dinas di dunia militer.

"Biasa saja, kerja baik," tutur Maruli kepada Fakta.com, Senin (27/11/2023).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//