Melongok Perkembangan IKN, dari Mobil Terbang hingga Angkutan Tanpa Awak

Ibu Kota Nusantara. (Foto: Indonesia.go.id)

FAKTA.COM, Jakarta - Mobil terbang akan menjadi sarana transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada 2045 nanti.

Keterangan tersebut disampaikan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR RI, Senin (18/3/2024).

Saat itu Bambang menjawab pertanyaan anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Mohammad Murraz terkait rencana pengadaan mobil terbang di IKN.

"Apakah mobil terbang yang sudah banyak diramai-ramaikan sekarang, apakah di IKN digunakannya mobil terbang atau gimana?" tanya Murraz seperti dilihat di akun YouTube TVR Parlemen, Selasa (19/3/2024).

Ilegal, Kegiatan BBH Indonesia dan Smart Wallet Disetop Satgas PASTI

Bambang pun merespons pertanyaan tersebut. Menurut dia, konsep mobil terbang memang akan dilaksanakan di IKN.

Tak hanya mobil terbang, kata Bambang, di IKN Kalimantan Timur juga akan ada uji coba mobil tanpa awak atau tanpa pengemudi.

"Konsep dari mobil terbang, ya betul bapak. Jadi kami melakukan beberapa uji coba jenis-jenis transportasi yang utama tidak hanya mobil terbang, tapi juga driverless car atau angkutan umum yang tidak memiliki awak," ucap Bambang.

KUA Jadi Tempat Nikah Semua Agama, Menag: Ini Soal Administrasi

"Itu juga akan menjadi fitur-fitur yang saya kira di tahun 2045 nanti merupakan satu keniscayaan. Kalau kita bicara 20 tahun dari sekarang," lanjutnya.

Selain itu, lanjut Bambang, di IKN juga nantinya akan ada tiang listrik yang bisa menjawab arah.

"Tiang-tiang listrik itu nanti berfungsi juga sebagai tempat-tempat informasi, misalnya gitu ya. Jadi ada tiang tiba-tiba kita mau tanya 'Ini kalau saya mau ke kafe ini lewat mana?' Dia bisa jawab," ujar Bambang.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//