Kenang Solihin GP, JK: Sosok Pejuang Bangsa yang Dihargai

Pemakaman Solohin GP di TMP Cikutra Kota Bandung. (Foto: Istimewa)

FAKTA.COM, Jakarta - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas wafatnya mantan gubernur Jabar Letjen TNI Purnawirawan Solihin Gautama Purwanegara (GP)

"Dalam kesempatan yang syahdu ini, saya atas nama keluarga dari Bapak Solihin GP dan seluruh keluarga, menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah, kepada TNI dan seluruh masyarakat yang menghadiri pemakaman almarhum, Bapak kita Letnan Jenderal Solihin GP," kata Jusuf Kalla, Selasa (5/3/2024).

Dalam sambutannya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung, JK mengenang Solihin GP sebagai salah satu pejuang bangsa dan dihargai setiap jasanya bagi bangsa dan negara.

"Beliau adalah tokoh bangsa, tokoh nasional sangat dihargai oleh siapa pun atas segala jasa-jasanya kepada bangsa dan negara telah memberikan baktinya kepada kita semua," katanya.

Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia

"Karena itulah, kita mendoakan kepada almarhum agar ditempatkan arwahnya di sisi Allah Subhanawata ala, di tempat yang tinggi," ujar Jusuf Kalla.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengaku merasa kehilangan atas wafatnya Solihin GP. 

"Kita merasa kehilangan yang mendalam atas kepergian Almarhum, terlebih-lebih bagi keluarga yang ditinggalkan," kata Bey dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Upacara pemakaman Solihin GP.

Curhat Prabowo Jadi Nasabah Mandiri: Saya Lunasi Pinjaman 100 Persen

Bey mengatakan, semasa hidupnya Almarhum Solihin GP mengemban tugas dengan penuh semangat dan keikhlasan. Sikap tersebut patut diteladani dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Namun sebagai insan hamba Tuhan yang takwa dan meyakini kebesaran kuasa dan kehendak-Nya, peristiwa ini diterima dengan penuh keimanan, ketawakalan, dan keikhlasan. Karena kelahiran dan ajal bagi makhluk yang bernyawa hanyalah atas kehendak-Nya," ucap Bey.

"Marilah kita semua mendoakan dan memaafkan Almarhum. Semoga kesalahan dan kekhilafan serta dosa yang ada pada Almarhum diampuni dan arwahnya diterima oleh Tuhan yang Maha Esa serta mendapat tempat yang dimuliakan," tutup Bey.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//