Kemenhan-Kementan Panen Raya Jagung Food Estate di Gunung Mas

Panen raya jagung food estate. (Foto: dok kemhan.go.id)

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Pertahanan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian menggelar panen raya jagung di lahan food estate Desa Tewai Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Senin (11/3/2024).

Asisten Khusus Menhan Bidang Ketahanan Pangan Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana mengatakan, program Food Estate merupakan amanat Presiden Joko Widodo, dalam upaya pengembangan lumbung pangan nasional.

Food Estate di Kalimantan Tengah, kata dia, dikembangkan sebagai pusat pertanian pangan untuk cadangan logistik strategis bagi pertahanan negara.

Imbas Banjir Semarang, KAI Batalkan 4 Perjalanan Kereta

"Food estate mengembangkan pusat pangan lainnya, seperti singkong, padi, dan lain-lain, sesuai dengan kondisi lahan yang ada. Selain jagung, ke depannya akan kami perbanyak menanam singkong dan kedelai bahkan labu Belanda yang merupakan komoditas ekspor," kata Ida dalam keterangan persnya.

Selain mendapat manfaat dari sisi pendapatan, kata Ida, masyarakat di sekitar lahan juga jadi lebih mandiri dalam bertani karena cukup banyak ilmu yang diperoleh dari para Babinsa dalam hal bercocok tanam.

"Jadi jelas, sangat banyak manfaat yang kita terima. Kehadiran TNI Angkatan Darat di Kecamatan Sepang memberi dampak sangat baik berwujud kemandirian sosial ekonomi bagi masyarakat," ujar Ida.

Rekrutmen ASN: Militer dan Polisi Bisa jadi Pegawai Negeri di Birokrasi

Sementara itu, Gatang seorang petani setempat yang ikut diberdayakan Kodim 1016/Plk menggarap lahan Hanpangan tersebut tampak terharu. Dia mengaku mendapat banyak ilmu dalam bidang pertanian, perawatan tanaman agar hasil panennya melimpah ruah.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan hari ini. Sejak awal kami petani di sini sangat banyak mendapat ilmu. Utamanya dalam bidang pertanian, perawatan tanaman supaya hasil panennya melimpah,” kata Gatang.

Sementara itu, Dandim 1016/Palangka Raya Kol CZI Wiwid Wahyu Hidayat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Kemhan dengan Program Ketahanan Pangan di wilayahnya.

“Dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada, dengan ditanami komiditas tanaman pangan akan memperkuat ketahanan pangan suatu wilayah, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan stok pangan yang cukup, dan perekonomian masyarakat meningkat, akan menekan laju inflasi," kata Dandim.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//