KASAD Maruli Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Doni Monardo

Eks Kepala BNPB Doni Monardo saat dilantik menjadi Ketua BNPB oleh Jokowi. (Dokumentasi: BNPB)

FAKTA.COM, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Maruli Simanjuntak akan mejadi Inspektur Upacara (Irup) di pemakaman mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Pemakaman berlangsung hari ini, Senin 4 Desember 2023.

Berdasarkan informasi yang diterima Fakta.com dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BNPB, janazah almarhum rencananya bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

"10:30 WIB - Diberangkatkan menuju pemakaman TMP Kalibata dengan Irup KASAD," tulis Pusdatin BNPB dalam informasinya, dikutip Senin pagi.

Sebelumya, terlebih dahulu dilakukan upacara pelepasan jenazah secara militer di rumah duka Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. WAKASAD Letjen Arif Rahman didapuk menjadi Irup.

"Jenazah akan dilepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung dengan Irup Wakasad," jelasnya.

Pada tadi malam, sekira pukul 21.00 WIB jenazah diberangkatkan dari Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta Pusat ke rumah duka yang terletak di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Diberitakan sebelumnya, Doni Monardo meninggal dunia pada Minggu 3 Desember 2023.

Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari menuturkan, Doni Monardo menghembuskan nafas terakhirnya pada petang tadi, tepatnya pukul 17.35 WIB.

Menantu Luhut, Maruli Simanjuntak Resmi Menjadi KASAD

"Telah meninggal dunia Letjen Purn DR HC Doni Monardo, pada hari Ahad 3 Desember 2023 pukul 17.35 WIB," tutur Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

Doni Monardo adalah seorang purnawirawan matra darat yang saat ini menjabat Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI AD.

Sebelum pensiun dari dinas militer, Doni Monardo didapuk sebagai Kepala BNPB per Januari 2019. Namanya kerap muncul di televisi ketika wabah Covid-19 menyerang.

Ketika itu, dia intens memberikan kabar terkait perkembangan virus yang kemudian menjadi pandemi global ini.

Sejumlah jabatan strategis pernah dis tempati, mulai dari Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) hingga Pangdam III/Siliwangi.

Doni lahir di Cimahi, Jawa Barat pada 10 Mei 1963, kariernya di militer berlangsung selama 36 tahun, terhitung sejak lulus dari Akademi Militer tahun 1986 sampai 2021. Dirinya meninggalkan 4 orang anak dan satu orang istri.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//