Kala Jokowi Bertemu Zelenskyy hingga Macron di KTT G7 Jepang

Presiden Jokowi menghadiri KTT G7 sesi kesembilan, di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu (21/5/2023). (BPMI Setpres)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo memanfaatkan momentum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 atau G7 Outreach Summit tahun 2023 di Jepang dengan bertemu sejumlah pimpinan tinggi negara. Salah satunya Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu (21/5/2023), Jokowi menyampaikan simpatinya atas korban yang berjatuhan dan mendukung upaya perdamaian di Ukraina. "Indonesia siap jadi jembatan perdamaian antara Ukraina dan Rusia," kata Jokowi.

Selain dengan Zelenskyy, Jokowi juga menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen untuk mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-European Union (EU) Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Tak hanya itu, Jokowi juga bertemu dengan Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol untuk membahas berbagai kerja sama di sejumlah bidang. Mulai dari kerja sama perdagangan, realisasi investasi perusahaan asal Korea Selatan di Indonesia, hingga rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Semoga pengolahan air, Sepaku Semoi Water Treatment Plant, selesai sesuai jadwal," kata Jokowi berharap.

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga tak luput dari jadwal pertemuan dengan Jokowi. Untuk yang satu ini, Jokowi membahas keanggotaan Indonesia di Financial Action Task Force (FATF) hingga soal pertahanan.

Seperti dengan Korea Selatan, Jokowi juga membuka peluang bagi perusahaan Prancis untuk terlibat pembangunan IKN. "Indonesia juga buka investasi untuk bangun Ibu Kota Nusantara di bidang infrastruktur, energi hijau, dan ecotourism. Kami sudah siapkan insentif dan fasilitas investasi," imbuhnya.

Adapun dalam rangkaian KTT G7, Jokowi menyerukan kepada para pemimpin negara untuk berani melakukan revolusi besar agar perang dapat dihentikan dan dihindari untuk menciptakan perdamaian dunia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//