Jokowi Tunjuk Arief Prasetyo Isi Posisi Menteri Pertanian

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers terkait pengunduran diri dari Mentan Syahrul Yasin Limpo, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (6/102023). (Dokumen BPMI Setpres)

FAKTA.COM, Jakarta - Nama pengganti Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, resmi muncul. Adalah Arief Prasetyo yang saat ini menjabat Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Kepastian itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya dikutip Setkab.go.id, pada Jumat (6/10/2023). "Penggantinya masih plt. Plt-nya Pak Arief Prasetyo," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa pengangkatan Kepala Bapanas sebagai pelaksana tugas menteri pertanian agar lebih memudahkan dalam koordinasi.

"Karena biasanya kita Bulog, Bapanas, mentan, menteri perdagangan ini selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja supaya lebih memudahkan," kata dia menambahkan.

Breaking News: Menteri Pertanian Resign

Adapun untuk pengganti menteri pertanian definitif, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan secepatnya.

Sebagai informasi, Jokowi telah menerima surat pengunduran diri dari Yasin Limpo. Surat tersebut telah diberikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Presiden Jokowi Kamis (5/10/2023) malam dan telah ditindaklanjuti.

"Iya tadi malam sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri dari Pak Menteri Pertanian. Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti, sudah saya tanda tangani juga," ujar Presiden Jokowi.

Sejak 2019, Harta Yasin Limpo Hanya Bertambah Rp1,09 Miliar

Sebagai informasi, Yasin Limpo menjelaskan alasan keputusan mundur dari posisi menteri pertanian tanpa basa-basi. Ia mengatakan jika alasannya mundur adalah menyangkut proses hukum yang sedang ia hadapi perlu penangangan secara serius.

Dia pun berharap, sebelum adanya status kepastian hukum publik untuk tidak menghakimi dirinya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//