Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin menaburkan bunga di makam salah satu pahlawan. (Dokumen Setkab)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pada Jumat 10 November 2023. Upacara ini digelar untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (10/11/2023), di TMP Kalibata pukul 08.10 WIB, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin berjalan bersama menuju tempat upacara. Tampak Jokowi memakai setelan jas berwarna hitam lengkap dengan peci hitam.

Bataha Santiago, Raja Manganitu yang Ogah Tunduk kepada Belanda

Kepala Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma, Kolonel Pnb Puguh Yulianto, bertugas sebagai komandan upacara.

“Kepada arwah pahlawan, hormat senjata, gerak,” ucap Kolonel Pnb Puguh Yulianto.

Lalu, dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dengan ditandai bunyi sirene selama satu menit.

Setelah itu, dilanjut mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur. “Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata yang dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Setelah itu, terdapat penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara.

Ratu Kalinyamat: Pahlawan Nasional dari Jepara yang Ditakuti Portugis

Kegiatan rangkaian upacara tersebut ditutup dengan tabur bunga di makam pahlawan tersebut. Terlihat Jokowi dan Maruf berdoa bersama dibeberapa makam pahlawan tersebut yang dilanjut dengan menaburkan bunga.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah para Menteri dari Kabinet Indonesia Maju, mulai dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Menteri Koperasi Teten Masduki. Hadir pula Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (ILM)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//