Gunung Ibu Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Kilometer

Gunung Ibu erusi. (Foto: Dokumentasi Magma Indonesia)

FAKTA.COM, Jakarta - Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat mengalami erupsi, Senin (13/5/2024) pukul 09.12 WIT. Aktivitas erupsi menghasilkan kolom abu setinggi lima kilometer dari puncak Gunung Ibu.

"Tinggi kolom letusan teramati ± 5000 m di atas puncak (± 6325 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat," begitu keterangan yang dikutip dari laman resmi Magma Indonesia, Senin (13/5/2024).

Menyusul aktivitas tersebut, masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan diimbau tidak beraktivitas di dalam radius 3 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Gunung Ibu di Halmahera Erupsi Lagi, Kolom Abu Setinggi 2000 Meter

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata)," tulisnya.

Selain itu, seluruh pihak juga diminta agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong, dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

"Masyarakat, instansi pemerintah, maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Ibu melalui aplikasi android Magma Indonesia, website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau https://magma.esdm.go.id), dan media sosial PVMBG (facebook, twitter, dan instagram)," tambahnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//