Gunung Ibu di Halmahera Erupsi Lagi, Kolom Abu Setinggi 2000 Meter

Dok. PVMBG

FAKTA.COM, Jakarta - Gunung Ibu di Halmahera Erupsi, Kolom Abu Setinggi 2000 Meter dari PuncakFAKTA.COM, Jakarta - Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, mengalami erupsi pada Rabu (8/5/2024) pukul 01.58 WIT. Erupsi memuntahkan kolom abu mencapai sekitar 2000 meter dari atas puncak.

Mengapa Terjadi Petir saat Gunung Ruang Meletus?

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi terekam seismograf dengan amplitudo maksimum mencapai 28 millimeter dengan durasi erupsi selama 127 detik. Kolom abu yang teramati memiliki warna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal mengarah ke timur dan tenggara.

Kemudian, Gunung Ibu kembali mengalami erupsi pada Rabu (8/5/2024) pagi. Pos Pengamatan Gunung Ibu mencatat erupsi tersebut terjadi pukul 11.11 WIT. Tinggi kolom abu vulkanik mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Gunung Ibu dilihat dari atas. Instagram/@Yourpalthepilot Gunung Ibu dilihat dari atas. Instagram/@Yourpalthepilot

Masyarakat yang beraktivitas di luar rumah diimbau menggunakan masker dan kacamata lantaran adanya kolom abu tebal. Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3,5 km dari gunung.

Gunung Ruang Erupsi, Jokowi: Percepat Relokasi Pengungsi

Untuk saat ini, status gunung dengan ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu naik ke Level III (Siaga).

Gunung Ibu merupakan gunung berapi yang masih aktif dengan kawah vulkanik selebar 1 kilometer dan kedalaman mencapai 400 meter. Sementara bagian luar kawah Gunung Ibu memiliki lebar sekitar 1,2 kilometer.

Gunung Ruang 'Meraung', Ratusan Warga Mengungsi

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//