Gugatan PDI Perjuangan ke PTUN Tak Halangi Penetapan Pemenang Pilpres 2024

Pasangan Prabowo - Gibran pekan ini bakal ditetapkan sebagai pasangan terpilih Pilpres 2024.

FAKTA.COM, Jakarta - Gugatan yang dilayangkan PDI Perjuangan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terkait dugaan perbuatan melawan hukum oleh KPU karena telah meloloskan pencalonan Gibran di Pilpres 2024, ternyata tidak menghalangi penetapan pasangan Prabowo-Gibran sebagai pasangan presiden dan wakil terpilih.

Komisi Pemilihan Umum, Rabu (24/04/2024) pagi, tetap menggelar prosesi penetapan presiden terpilih.

Gayus Lumbuun sebagai Ketua Tim Hukum PDI Perjuangan menyatakan seharusnya menunda penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebab ada putusan dismissal PTUN menyatakan gugatan PDIP terhadap KPU diterima.

Menurutnya, proses persidangan di PTUN nantinya akan mengungkap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dalam Pemilu 2024.

"Kalau KPU buru-buru membuat penetapan paslon ya ini menghilangkan proses hukum yang sedang berjalan di PTUN. Yang beberapa hari nanti terus berjalan. Itu yang kami inginkan supaya jangan ada justice delay. Jadi keadilan yang terlambat nanti kalau buru-buru ditetapkan," ucap Gayus. "Beri kesempatan hukum untuk menentukan apakah penguasa yang menyalahgunakan kekuasaan ini sudah patut untuk memutuskan atau menetapkan." 

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Hari ini

Sementara itu, seolah menanggapi pernyataan Gayus, komisioner KPU, Idham Holik mengatakan penetapan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih paling lambat 3 hari setelah pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perselisihan hasil pemilu sesuai dengan Pasal 4 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024.

KPU berpendapat, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka layak ditetapkan setelah putusan Mahkamah Konstitusi menolak seluruh permohonan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

Dari pantauan prosesi penetapan, semua tamu undangan dari pihak koalisi Prabowo-Gibran sudah tampak hadir di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat. Semua tamu mayoritas menggunakan kemeja putih dan nampak berseri menyongsong kehadiran Prabowo Subianto yang berangkat bersama-sama Gibran Rakabuming Raka.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//