Dilantik Presiden Jokowi, Agus Subiyanto Sah Jabat Panglima TNI

Jenderal Agus dilantik jadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI hari ini, Rabu 22 November 2023 di Istana Negara.

Pelantikan Agus sebagai orang nomor satu di Mabes TNI ini berdasarkan SKep Presiden Nomor 102 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Surat keputusan itu dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda Hersan.

Saat membacakan sumpah jabatan, Agus Subiyanto menirukan kalimat yang disampaikan Presiden Jokowi. Sumpah sesuai dengan agama yang dianut Agus yakni Islam.

Presiden Jokowi Lantik Jenderal Agus Jadi Panglima TNI Hari Ini

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," tegas Jenderal Agus mengucapkan sumpah dan janji, Rabu (22/11/2023).

Dalam sumpahnya mantan Pangdam III Siliwangi ini akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," imbuhnya.

Adapun dalam pelantikan Agus sebagai Panglima TNI, dihadiri beberapa petinggi TNI-Polri, seperti Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Hadir pula di lokasi pelantikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam Mahfud MD hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sebelum menapaki puncak karier di dinas militer sebagai orang nomor satu di TNI, Agus menduduki jabatan sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (WAKASAD). Namun, saat Jenderal Dudung Abdurachman pensiun, dirinya yang mengisi posisi KASAD.

Respons Agus Dekat dengan Jokowi: Saya Dinas Tak Hanya di Solo

Kurang satu minggu berselang, Presiden Jokowi mengajukan nama Agus sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Jenderal Agus Subiyanto diketahui rampung melaksanakan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada Senin, 13 November 2023 lalu.

Komisi I DPR RI yang menjadi 'hakim' fit and proper test itu lantas menyetujui mantan Pangdam III Siliwangi itu untuk menjadi Panglima TNI.

Kemudian, hasil fit and proper test calon Panglima TNI itu disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (21/11/2023) kemarin

Rapat Paripurna digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dan dipimpin langsung Ketua DPR RI Puan Maharani.

Jenderal Agus: TNI Netral di Pemilu 2024

"Apakah laporan Komisi I DPR Ri atas hasil uji kelayakan fit and proper test pemberhentian Laksamana Yudo Maryono dan menetapkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI dapat disetujui?," tanya Puan dalam rapat paripurna.

"Setuju," jawab anggota dewan yang hadir di ruang sidang secara kompak.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//